Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Melamar Kerja? Cantumkan Skill Ini untuk Bikin Kamu Dilirik Perekrut

Dok. Job Fits Sydney

Topcareer.id – Apa keunggulan dan apa yang membuat kamu lebih menarik dibanding pelamar yang lain

Para ahli setuju, kejujuran dalam mengidentifikasi diri dan daya jual akan menjadi kelebihan lain bagi para pencari kerja. Lalu apa saja yang bisa meningkatkan daya jual diri di mata perekrut karyawan?

Paul Klein, Direktur Pusat Pelayanan Karier di Cleveland State University di Cleveland, Ohio, menyarankan agar para pelamar kerja membuat daftar jabatan dan tanggung jawab apa saja yang pernah dijalani, apa pun meski hanya sebentar.

“Contohnya, jika pernah bekerja di restoran cepat saji dan menghabiskan 99 persen waktu untuk menumpuk roti burger, mencantumkan sisa 1 persen pekerjaan yang kamu lakukan seperti membuka dan menutup pintu restoran tetap penting. Meski hanya 1 persen dari pekerjaan yang pernah dilakukan, tetap sangat penting, karena ini mengindikasikan tingkat kemampuan manajemen, kepercayaan, dan tanggung jawab yang pernah diemban,” urainya.

Baca juga: Job Interview: Rahasia yang Tak Dikatakan pada Calon Karyawan

Kedua, tekankan pula kemampuan dalam bidang apa pun. Banyak orang menganggap kemampuan mengetiknya yang supercepat bukan hal yang luar biasa dan berpotensi menarik minat pencari karyawan.

Pemikiran ini tak benar. Banyak hal yang kamu pikir tak menarik, namun sebenarnya meningkatkan daya jual kamu di mata perekrut karyawan. Jangan abaikan jika kamu memiliki kemampuan sebagai berikut:

Menulis dan berkomunikasi yang baik
Meski kamu tak melamar pekerjaan sebagai penulis atau reporter di sebuah surat kabar, atau mengincar posisi humas, memiliki kemampuan menulis dan berkomunikasi yang baik menjadi daya jual tersendiri. Perusahaan biasanya lebih senang dengan orang yang mampu berkomunikasi dengan baik, karena orang seperti ini lebih mampu beradaptasi dengan lingkungan. Kemampuan menulis pasti dibutuhkan, setidaknya untuk membuat laporan kerja.

Menguasai lebih dari satu bahasa asing
Tidak perlu diragukan lagi. Kemampuan berbahasa asing sangat dihargai dan menjadi nilai lebih bagi mereka yang menguasai. Perusahaan lebih senang merekrut karyawan yang cas cis cus berbahasa Inggris, karena akan memudahkan berhubungan dengan klien mancanegara.

Pengalaman bekerja di perusahaan ternama
Jangan segan-segan menunjukkan nama perusahaan, bahkan jika hanya pernah bekerja di restoran cepat saji. Maksudnya, akan lebih mudah mengetahui reputasi kerja kamu jika pernah bekerja di perusahaan terkenal dengan reputasi yang baik pula.

Pernah aktif di organisasi atau LSM
Pengalaman sebagai aktivis di sebuah organisasi bisa menjadi bekal berharga sebelum kamu masuk ke lingkungan “organisasi” kantor, apalagi jika organisasi yang kamu geluti berkaitan dengan jenis pekerjaan yang dilamar.

Baca juga: Interview Kerja, Bagaimana Menjawab Alasan Kamu Dipecat?

Sertifikat seminar atau pelatihan
Jangan abaikan ilmu yang pernah kamu dapatkan dari pelatihan dan seminar apa pun. Lampirkan jika mendapat sertifikat dari seminar atau pelatihan yang kamu ikuti. Makin banyak sertifikat, tentu mencerminkan ilmu apa saja yang kamu miliki. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply