Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, May 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Trik Lolos Tes Kesehatan saat Melamar Kerja, Patut Dicoba!

Ilustrasi: Consumer ReportsIlustrasi: Consumer Reports

Topcareer.id – Selain latar belakang dan kemampuan, banyak perusahaan yang menjadikan tes kesehatan sebagai salah satu syarat yang harus disertakan saat melamar kerja.

Meski terkesan kurang penting dibandingkan syarat lainnya, namun banyak pelamar yang justru gagal masuk ke perusahaan impiannya akibat tes kesehatan mereka tidak menunjukan hasil yang baik.

Nah, supaya terhindar dari hal itu, ada baiknya untuk memastikan kamu bisa lolos dari tes ini. Dilansir dari Medicalexam.com, Senin (20/1/2020), begini cara menyiasatinya.

Tidur yang cukup
Waktu tidur sering kali diabaikan dan kerap membuat para pelamar gagal menjalani tes kesehatan. Kurangnya waktu tidur akan mempengaruhi tekanan darah sehingga berbagai fungsi organ tubuh tidak bisa berjalan semestinya. Jadi pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup, ya.

Hindari makanan asin atau berlemak
Garam dan lemak akan mempengaruhi hasil tes kolesterol dan tekanan darah kamu. Jadi untuk mendapatkan hasil tes kesehatan yang baik, hindari! Setidaknya 24 jam sebelum menjalani tes kesehatan.

Baca juga: Cara Lindungi Diri dari Pencurian Identitas Saat Melamar Kerja Online

Hindari berolahraga
Walaupun olahraga menyehatkan, namun berbeda ceritanya jika kamu ingin lolos dalam tes kesehatan. Melakukan olahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat pada malam dan pagi hari sebelum tes akan membuat detak jantung dan tekanan darah kamu meningkat dari batas yang seharusnya. Jadi ada baiknya jika kamu beristirahat dulu.

Jangan minum yang mengandung kafein dan berhenti merokok
Agar hasil tes kesehatan kamu baik, penting juga untuk menghindari minuman yang mengandung kafein. Apalagi jika kalian perokok aktif, kebiasaan tersebut harus kamu hentikan sementara waktu menjelang tes kesehatan.

Puasa
Umumnya, kamu disarankan untuk berpuasa 12 jam sebelum melakukan serangkaian tes kesehatan. Hal ini berguna agar gula darah dan tekanan darah kamu tidak naik.

Perbanyak minum air putih
Jika kamu ingin lolos tes kesehatan, jangan lupa untuk meminum air putih yang banyak, setidaknya 8 gelas dalam sehari. Air putih mampu membuang kotoran dan racun yang ada di tubuh kamu, sehingga kondisi tubuh terlihat lebih sehat dan bugar saat menjalani pemeriksaan.

Oh ya, kebiasaan ini juga akan memudahkan kamu mendapat sampel saat menjalani tes urine.

Baca juga: 7 Manfaat Travelling untuk Kesehatan Jiwa, Raga, dan Pikiran

Jadwalkan tes kesehatan di pagi hari
Menjadwalkannya di pagi hari akan membuat kamu lebih mudah mengikuti tips sebelumnya. Termasuk memungkinkanmu berpuasa semalaman saat tidur. Kamu juga akan tampil lebih rileks setelah tidur, yang akan bermanfaat saat tes fisik.

Cari informasi
Saat kamu diminta untuk mengecek kesehatan oleh perusahaan tempat kamu melamar, carilah informasi yang pasti mengenai tes kesehatan apa saja yang harus kamu sertakan.

Jika kamu memiliki penyakit tertentu, konsultasikan ke dokter tentang resiko yang ditimbulkan penyakit tersebut. Hal ini untuk memastikan agar kinerja kamu nanti tidak terganggu.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply