Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Manajer Harus Adil Bagi Beban Kerja, Begini Caranya

Ilustrasi. (dok. Australian College of Professionals)

Topcareer.id – Sebagai seorang pemimpin, kamu punya tanggung jawab besar untuk membuat anggota tim kamu fokus, produktif, dan bekerja sesuai jalur.

Kamu juga harus memastikan bahwa beban kerja tim dibagi secara adil.

Mengutip asana.com, jalankan langkah-langkah berikut ini ke dalam tindakanmu sehingga kamu bisa berhasil mengelola beban kerja tim kamu.

Baca juga: Kesalahan Manajer Baru: Terlalu Ramah pada Bawahan

Cari tahu beban dan kapasitas tim
Dengan pekerjaan tim yang tersebar di berbagai proyek, serta rencana yang berbeda-beda, sulit untuk memahami seberapa banyak pekerjaan yang harus kamu tangani. Ketahui seberapa banyak yang dilakukan oleh setiap anggota tim atau apa yang bisa mereka lakukan. Dan cari tahu apa sebenarnya beban kerja tim kamu dengan membuat rencana.

Alokasikan sumber daya dan bagi beban kerja individu
Setelah kamu memiliki gambaran umum tentang semua hal yang perlu dilakukan oleh tim, kini kamu bisa mengetahui kapan dan siapa yang akan mengerjakan. Tetapkan pekerjaan dengan prioritas tertinggi terlebih dahulu.

Selalu beri tahu mengapa kamu memberikan tugas tertentu kepada mereka. Ini cara bagus untuk meningkatkan keterlibatan. Lakukan ini untuk menjaga agar beban kerja semua orang seimbang dan terkendali.

Baca juga: Ini Cara Membangun Kepercayaan Anggota Tim pada Manajer

Periksa tugas dengan anggota tim dan sesuaikan beban kerja sesuai kebutuhan
Kamu harus siap untuk membuat penyesuaian secara real time sebelum deadline. Untuk melacak bagaimana setiap anggota tim mengelola beban kerja mereka, proaktiflah dengan saling cek untuk update. Ketika menetapkan lagi tugas atau proyek, pastikan untuk berkomunikasi dengan tim kamu tentang perubahan tersebut.

Tingkatkan efisiensi tim saat beban kerja berat
Dorong tim untuk mengembangkan sistem sendiri dalam mengelola beban kerja. Sarankan metode prioritas yang sesuai dengan gaya mereka masing-masing. Minimalkan juga jumlah rapat yang harus dihadiri oleh tim kamu.

Gunakan tools manajemen kerja
Tools manajemen kerja memberi kesempatan bagi setiap anggota tim untuk melihat bagaimana pekerjaan mereka dimasukkan ke dalam inisiatif tim dan perusahaan.

Pekerjaan juga bisa berjalan lancar, karena semua anggota tim memiliki pandangan tentang status mereka. Ini bisa menghindari konflik dan hemat waktu. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply