Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Bagi-bagi Angpao Saat Imlek? Ini Maknanya

Sumber foto: Tribun

Topcareer.id – Hari raya Imlek tinggal menghitung hari. Banyak orang yang menanti-nantikan dan menyambut hari raya ini dengan senang hati, terutama para anak-anak.

Bagaimana tidak? Sudah menjadi tradisi dan budaya masyarakat Tionghoa di mana para orang tua membagi-bagikan angpao atau amplop merah yang berisikan sejumlah uang kepada anak dan sanak saudaranya.

Nah, di balik tradisi itu, ternyata ada cerita tersendiri yang jarang orang tahu. Menurut salah satu masyarakat etnis ionghoa, Felix, selain untuk berbagi rezeki, angpao juga dipercaya bisa mengusir hal buruk dari sang anak.

“Jadi jaman dulu itu ada setan yang dikenal dengan Sui. Sui ini selalu datang setiap malam tahun baru dan membuat anak-anak menjadi sakit. Nah, supaya Sui tidak datang dan anak-anak tidak sakit, makanya orang tua ngasih uang ke anaknya yang dipercaya bisa mengusir setan itu, semacam uang pengusir setan.” ungkapnya kepada Topcareer.id, Kamis (23/1/2020).

Baca juga: Pemerintah Tetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2020

Menurut kepercayaannya, anggota keluarga yang sudah menikah dan para orang tua wajib memberi angpao kepada anak-anak dan anggota keluarga yang belum menikah (meskipun memiliki umur yang dewasa).

Cara menerima angpao pun cukup unik lho. Pertama-tama anak-anak harus mengucapkan selamat hari raya imlek atau Gong Xi Fa Cai, setelah itu barulah mereka mengambil angpao yang diberikan dengan menggunakan kedua tangan.

Oh ya, mereka juga dilarang membuka angpao tersebut di depan orang yang memberikan ataupun anggota keluarganya. Seru, ya!

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply