Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, October 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Do and Donts Saat Perayaan Imlek

Ilustrasi. (dok. Pinterest)

Topcareer.id – Warga keturunan Tionghoa percaya bahwa apa yang dilakukan saat Tahun Baru Cina atau Imlek bisa memengaruhi keberuntungan. Salah satunya yang paling dikenal, menggunakan pakaian berwarna merah saat Imlek akan membawa keberuntungan.

Ada hal-hal yang dianjurkan, ada juga yang sebaiknya tak dilakukan, bahkan dilarang karena bisa membawa kesialan. Apa saja yang boleh dan tak boleh dilakukan saat merayakan Imlek? Berikut poin-poin penting do and donts saat Imlek.

Do

1.Pakai baju merah

Pakaian berwarna merah, umumnya dipakai sepanjang Imlek karena diyakini bahwa merah bisa menakuti roh jahat dan nasib buruk. Merah mewakili banyak makna lain, seperti kebahagiaan, kemakmuran, kehangatan, kebajikan, kebenaran, dan ketulusan.

Baca juga: Ternyata di China ada Kursus Naik Gaji, Mau Coba?

2. Nyalakan petasan dan kembang api (ketika tidak bisa melakukannya, keluarkan balon)

Menyalakan petasan dan kembang api adalah ritual Tahun Baru Imlek. Diyakini bahwa suara itu menakuti roh jahat. Di banyak wilayah Cina, kamu akan mendengar rentetan suara kembang api setiap malam selama 15 hari pertama perayaan Tahun Baru Imlek.

3. Makan makanan yang beruntung

Makanan adalah pusat dari perayaan Tahun Baru Imlek. Makanan yang berhubungan dengan keberuntungan, seperti kue, kue beras, ikan, dan jeruk Mandarin, bakal selalu tersaji di meja-meja.

4. Bagi-bagi angpau

Pada Malam Tahun Baru, anggota keluarga yang lebih tua seperti kakek-nenek dan orang tua akan memberikan angpau merah (uang yang digunakan untuk menekan atau menurunkan roh jahat), untuk anak-anak. Angpau merah ini berisi uang, biasanya bervariasi  jumlahnya. Tradisi ini juga tak pernah dilewatkan saat Imlek.

Leave a Reply