Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Profesi ‘Jadul’ Masih Jadi Impian Anak Remaja Sekarang

Foto Ilustrasi (betanews)

Topcareer.id – Apakah cita-citamu sejak kecil masih sama sampai sekarang? Jadi dokter mungkin, atau polisi? Hal itu yang kini terjadi pada anak muda, dinilai tak cukup kreatif dalam memetakan karier masa depannya.

Menurut laporan baru, mayoritas remaja masih saja memimpikan bekerja dengan profesi yang agak ‘jadul,’ meskipun teknologi kini tengah berkembang pesat dan banyak menciptakan peluang kerja yang baru.

Dokter, guru, pengacara, dan arsitek terus mendominasi di antara tujuan karier teratas bagi sebagian besar siswa sekolah menengah, catatan studi dari The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD). Bahkan ketika profesi baru dalam sains dan teknologi muncul ke permukaan. Ini bisa memiliki implikasi potensial untuk masa depan pekerjaan.

Baca juga: 9 Pekerjaan yang Cocok Buat Kamu Lulusan Marketing

Untuk melakukan penelitian, OECD mensurvei anak berusia 15 tahun di 41 negara pada 2018 untuk mengetahui apa yang mereka inginkan ketika mereka dewasa. Tanggapan mereka itu kemudian  dibandingkan dengan remaja berusia 15 tahun lainnya pada 2000.

Organisasi ekonomi menemukan sedikit variasi dalam jawaban remaja antara waktu itu, bahkan ketika teknologi telah bergerak cepat. Faktanya, jumlah anak muda yang menyukai 10 profesi yang sama , 47% anak laki-laki dan 53% anak perempuan – telah bertambah.

Menurut direktur pendidikan OECD, Andreas Schleicher, di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, itu adalah keprihatinan utama bagi masyarakat karena tengah berperang dengan perubahan dalam lanskap kerja global.

Baca juga: Ini 3 Bidang Pekerjaan dengan Gaji Tertinggi di Indonesia

“Adalah kekhawatiran bahwa lebih banyak anak muda tampaknya memilih pekerjaan impian mereka dari daftar pekerjaan tradisional yang paling populer daripada sebelumnya, seperti guru, pengacara atau manajer bisnis,” kata Schleicher dalam laman CNBC Make It.

“Survei menunjukkan bahwa terlalu banyak remaja yang mengabaikan atau tidak menyadari jenis pekerjaan baru muncul, terutama sebagai hasil digitalisasi.”

Indonesia

Tarkait cita-cita anak secara global yang dianggap begitu disayangkan, bagaimana dengan anak remaja Indonesia?

Pada 2017 lalu, jaringan profesional LinkedIn merilis survei soal pekerjaan impian para remaja Indonesia. LinkedIn melakukan survei terhadap 1.000 responden Indonesia yang terdiri dari pelajar (16-23 tahu) dan profesional muda (25-36 tahun).

Baca Juga: Profesi Idaman Yang Kelihatan Cool Di Televisi

Hasilnya, ada pergeseran cita-cita anak remaja zaman dulu dan sekarang. Dulu, anak-anak Indonesia begitu memimpikan profesi guru, dokter, atau polisi. Namun, kini pekerjaan terkait bidang IT (Information Technology) semakin populer di kalangan pelajar, termasuk sains dan teknik.

Lima pekerjaan impian masa kecil favorit pelajar adalah pengusaha, spesialis IT, akuntan, bidang finansial atau perbankan serta ilmuwan atau insinyur.

Mereka termotivasi mengejar pekerjaan impian karena terinspirasi sesuatu atau seseorang (30 persen). Ini diperkuat dengan dukungan orang tua (94 persen) dan rasa percaya diri bisa meraih impian mereka (89 persen).* (rw)

Leave a Reply