Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Begini Cara Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Critical Thinking Skill. Credit photo: The BalanceCritical Thinking Skill. Credit photo: The Balance

Topcareer.id – Berpikir kritis atau critical thinking berarti menganalisis, memproses, dan memahami informasi dengan cermat. Keterampilan berpikir kritis dapat membantu diterapkan untuk menyelesaikan masalah.

Keterampilan berpikir kritis dapat dipelajari dan dipertajam dari waktu ke waktu, membantumu membuat keputusan yang lebih baik, memproses informasi lebih efektif, dan mengekspresikan diri dengan lebih jelas.

Mengutip thelawofattraction.com, berpikir kritis bermanfaat besar untuk semua bidang atau segi kehidupan yang membutuhkan penalaran. Berikut ini cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis.

Baca juga: 9 Sikap Pemimpin yang Disukai Anggota Tim

Ajukan pertanyaan dasar

Semakin baik kamu berpikir kritis, semakin mendasar dan jernih pertanyaanmu. Misalkan kamu menemukan masalah baru, dalam pekerjaan atau kehidupan, dan tidak yakin apa yang harus dilakukan. Mulailah dengan menanyakan hal berikut:

Informasi apa tentang masalah ini yang sudah kamu miliki?

Bagaimana kamu mengetahui informasi di atas?

Apa tujuanmu dan apa yang kamu coba temukan?

Apa yang mungkin kamu abaikan?

Jenis pertanyaan ini mendorongmu untuk langsung ke inti masalah, menginterogasinya untuk solusi sederhana sebelum mengasumsikan kompleksitas. Cobalah menuliskan jawaban untuk empat pertanyaan di atas ketika menghadapi masalah.

Baca juga: Penyebab Karyawan Malas Bekerja dan Cara Atasinya

Waspadai proses mental
Menjadi pemikir kritis yang benar-benar terampil melibatkan lebih banyak refleksi diri. Otak menggunakan heuristik, semacam pintasan kognitif, untuk membuat kesimpulan cepat tentang apa yang terjadi di sekitar. Heuristik ini menghasilkan hasil yang andal dan membantu untuk maju.

Dalam kasus lain, mereka mengambil bentuk bias yang membawa ke jalan yang salah. Jika kamu ingin menjadi pemikir kritis yang baik, kamu harus menerima bahwa kamu memiliki bias semacam itu, dan perlu belajar untuk memperhatikannya.

Sesuaikan perspektif
Tindakan membaca tentang bias dan heuristik ini dapat membantu menyesuaikan perspektif. Hal lain yang bisa dilakukan adalah dengan sengaja memaparkan pikiranmu pada cara berpikir lain. Bacalah buku dari penulis di luar budaya kamu. Lakukan latihan empati yang menempatkanmu pada posisi orang yang tidak kamu kenal. Semua tindakan ini membuatmu menjadi pemikir yang lebih baik.

Berpikir terbalik
Ide dasarnya adalah kamu membalikkan apa yang menurutmu sudah kamu ketahui. Berpikir sebaliknya tidak akan selalu memberimu solusi langsung untuk masalah. Namun, membalik arah yang diasumsikan dari sebab-akibat adalah trik yang sangat berguna dalam hubungan, salah satu hal yang mencegah untuk saling menyalahkan.

Misalnya, mungkin kamu mengira tindakanmu akibat dari cara pasanganmu berbicara, tetapi bagaimana jika pasanganmu berpikir mereka berbicara seperti itu karena caramu bertindak?

Kembangkan pandangan jauh ke depan
Bagaimana kamu mengembangkan kapasitasmu untuk melihat ke masa depan, itu akan meningkatkan pemikiran kritismu secara lebih luas. Pastikan kamu meluangkan waktu untuk melihat semua sudut dari keputusan potensial.

Membuat daftar pro dan kontra adalah cara lain yang sangat baik untuk meningkatkan pandangan ke depan dan membuatmu jauh lebih baik dalam memprediksi hasil. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply