Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Suka Bawa HP ke Toilet? Coba Pertimbangkan Bahayanya

Ilustrasi. (dok. Geeko.lesoir.be)

Topcareer.id – Hayooo, ngaku siapa yang suka bawa handphone sampai ke toilet? Kebiasaan seperti ini di zaman sekarang mungkin bukan sesuatu yang aneh. Ya, smartphone bisa dibawa ke mana pun bahkan hingga ke toilet. Tapi, berlama-lama dengan smartphone di toilet bisa bahaya.

Dalam laman The Ladders, disebutkan bahwa sebuah studi Verizon Wireless mengungkapkan, 90% orang mengaku menggunakan telepon mereka di kamar mandi.

Kita semua tahu masalah kesehatan sepertinya tampak jelas jika kamu membawa ponsel ke kamar mandi, tetapi bagaimana dengan efek yang benar-benar nyata menggunakan ponsel di toilet terhadap kesehatan tubuh?

Baca juga: Kenapa Smartphone Pakai Baterai Tanam?

Dokter dalam penelitian ini berpikir bahwa menggunakan ponsel ke toilet mungkin memiliki dampak positif pada kesehatan, karena bisa bertindak sebagai teknik relaksasi yang tidak disadari dan memungkinkan proses buang air besar yang lebih mudah. Hmmmm…

Sayangnya, bukan itu masalahnya.

“Meskipun pembaca ponsel di toilet menghabiskan lebih banyak waktu di toilet, tidak ada perbedaan yang dicatat untuk jenis atau frekuensi buang air besar.”

Bahaya menggunakan ponsel di toilet

Sebenarnya menggunakan ponsel di toilet bukan masalah intinya, tetapi sebaliknya jumlah waktu yang ditambahkan untuk duduk di toilet bisa menjadi bahaya. Studi ini menemukan bahwa mereka yang menggunakan ponsel mereka di toilet memiliki tingkat wasir yang lebih tinggi.

Meskipun angka itu tidak signifikan, para profesional medis masih memperingatkan bahwa duduk di toilet untuk waktu yang lama dapat menyebabkan masalah wasir.

Baca juga: Awas! Main Smartphone Lebih dari 5 Jam Sehari Bikin Gemuk!

Risiko bakteri jika menggunakan ponsel di toilet

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa ponsel dapat membawa E.coli dan bakteri lainnya, dan sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa layar smartphone rata-rata lebih kotor daripada tempat duduk toilet.

Dokter menyarankan agar kamu tidak tinggal di toilet lebih lama dari yang dibutuhkan. Jumlah waktu yang sehat untuk berada di toilet adalah dari satu hingga 15 menit, sedangkan hal yang lebih lama bisa mengarah ke masalah sembelit. *

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan