Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 15, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Saat Kapan Emoji Boleh Dipakai di Email Kantor?

Ilustrasi. (dok. WSJ)

Topcareer.id –  Emoji alias ikon atau tanda yang digunakan untuk mengungkapkan emosi dalam bentuk gambar sederhana telah menjadi bagian tak terpisahkan ketika berkomunikasi dengan teman dan keluarga. Kadang, mungkin tak berpikir dua kali untuk sekadar berkirim emoji ke rekan kerja, tapi kalau untuk keperluan kantor bukan ide yang bagus.

Namun 76 persen orang Amerika menggunakan emoji seperti wajah bahagia, acungan jempol, dan wajah mengedipkan mata dalam komunikasi profesional mereka.

Berikut adalah beberapa kali saat mungkin ide bagus untuk menggunakan emoji di surel kantor, seperti dilansir dari laman CNBC:

Baca juga: Ternyata Emoji Smiley Dapat Merusak Karir Kamu, Lho

1. Saat mencoba meredakan situasi

Selama situasi yang penuh tekanan, misalnya kamu dan rekan kerja berlomba untuk memenuhi deadline. Nah, menambahkan wajah tersenyum ke email dapat membantumu menyuntikkan percikan semangat di tengah kondisi itu.

Setelah terjadi pertengkaran atau perdebatan, sebuah email dengan wajah tersenyum dapat menunjukkan kepada pihak yang dirugikan bahwa mereka tidak sendirian dan bahwa Kamu memahami apa yang sedang mereka alami.

2. Ketika mengirim email pendek dan logistik

Saat kamu melakukan komunikasi email yang cepat dan bolak-balik dengan rekan, email mulai lebih menyerupai obrolan instan.

Tidak apa-apa menambahkan emoji ke komunikasi staccato ini karena email ini tidak dimaksudkan sebagai deklarasi resmi. Misalnya, “Mau makan siang di mana? :-)”

Baca juga: Manfaatkan Emoji dan Stiker untuk Strategi Marketing

3. Ketika mencoba membuat seseorang merasa diterima

Ketika karyawan baru memasuki kantor, mereka harus mempelajari norma dan tradisi di tempat kerja.

Saat kamu mengirim email kepada mereka dengan emoji, itu akan membantu mereka melihatmu sebagai teman, atau sebagai seseorang yang tidak patuh pada aturan. Dengan menggunakan wajah tersenyum, kamu berkata, “Saya mudah didekati.”

Editor: Ade Irwansyah

Tinggalkan Balasan