Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Januari 21, 2022
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tren Kantor 2020: Booth Privasi untuk Karyawan

Topcareer.id – Tren open space saat ini sepertinya masih mengisi desain-desain ruang kantor yang ‘kekinian’, apalagi startup-startup seolah ikut berkontribusi menggalakkan tren ini.

Kantor dengan desain itu bertujuan menunjang fleksible working bagi karyawan, dibuat senyaman mungkin.

CNBC Make It berbicara dengan para ahli di ruang desain kantor terkait harapan para kerja untuk kantor nyaman di 2020. Salah satu yang jadi poinnya adalah kebutuhan ruang privasi.

Lagi-lagi dikatakan jika desain open space jadi tren belakangan. Alasan perusahaan dengan hadirnya ruang meja terbuka ini dapat menumbuhkan kreativitas dan kerja tim. Belum lagi ada manfaat finansial yang lebih hemat.

Tapi, masalah yang timbul dengan desain kantor ini adalah sebagian besar pekerja tidak menyukainya. Penelitian telah menemukan pekerja di kantor dengan konsep terbuka mengalami interaksi yang tidak terkendali, tingkat stres yang lebih tinggi, dan tingkat konsentrasi dan motivasi yang lebih rendah.

Baca juga: Cuma Butuh 3 Menit Turunkan Stres dan Kecemasan di Kantor. Begini Caranya

Maka, ada masukan soal ‘free standing privacy booth’ yang menawarkan kenyamanan karena  di dalamnya sudah tersedia meja kerja, dinding kedap suara, outlet listrik, dan ventilasi.

Bahkan, sudah ada sejumlah perusahaan yang mengkhususkan diri untuk menyediakan kantor modern dengan phone booth semacam ini, seperti Room, Zenbooth, Spaceworx, TalkBox, dan Cubicall.

“Masalah yang kami pecahkan adalah masalah manusia,” kata pendiri Room, Morten Meisner-Jensen dalam laman CNBC Make It.

“Kami membutuhkan kedamaian dan ketenangan untuk melakukan pekerjaan yang terfokus. Cara perusahaan-perusahaan dalam bermigrasi dari kantor yang sifatnya kubikel pribadi ke open plan layouts, belum dilakukan dengan cara yang benar,” jelasnya.

Baca juga: Kerja dari Rumah? Yuk, Dekor Layaknya Kantor Demi Kreativitas

Pekerja dapat menggunakan ruang-ruang ini untuk menerima panggilan telepon, menyelesaikan proyek dengan tenggat waktu atau menyelenggarakan rapat video call di ruang pribadi tanpa mengganggu rekan kerja.

Tentu saja, perusahaan bakal memiliki manfaat tersendiri jika memasang ruang privasi untuk desain kantor mereka. Ruang-ruang ini dapat meningkatkan produktivitas pekerja, dan memperluas garis bawah bisnis.

Tinggalkan Balasan