Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, July 13, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Begini Caranya Agar Kamu Selalu Bisa On Time dalam Bekerja

Morning commuters cross a road in Tokyo, Japan, on Tuesday, May 7, 2019. Trading resumed Tuesday after a 10-day Golden Week holiday with a slew of news for investors to process. Photographer: Toru Hanai/Bloomberg

Topcareer.id – Waktu adalah uang. Pepatah ini memang logis. Ketika suatu bisnis berjalan terlambat, maka akan terjadi kerugian.

Contoh sederhana lain, bagi para pekerja di bidang jasa transportasi online, jika terlambat menjemput, order di-cancel, rezeki pun melayang begitu saja.

Hargailah waktu. Ketepatan dan disiplin waktu merupakan salah satu pertanda orang sukses. Kamu akan sulit memenuhi tanggung jawab besar jika kamu belum mempraktikkan serangkaian teknik manajemen waktu yang baik.

Dikutip dari Lifehack.org, Kamis (27/02/2020), berikut ini beberapa cara agar kamu bisa lebih tepat waktu.

Baca juga: Ingin Pulang Tepat Waktu dari Kantor? Lakukan Hal Ini

Jangan periksa email sebelum berangkat
Pemeriksaan email hampir selalu membutuhkan waktu lebih lama daripada yang kamu pikirkan. Kamu pasti akan tergoda untuk membalasnya, ini sangat memakan waktu.

Rencanakan masalah yang mungkin terjadi
Selalu tambahkan 25% ke perkiraan waktu kamu untuk pergi ke mana saja atau melakukan tugas apa pun. Jika kamu pikir butuh 30 menit untuk mulai bekerja, beri dirimu waktu 40 menit.

Mempersiapkan segala sesuatu di malam sebelumnya
Jika kamu orang yang sulit berangkat pagi, pastikan kamu mempersiapkan semuanya di malam sebelumnya. Sehingga saat pagi hari setelah mandi dan sarapan kamu bisa langsung pergi.

Jadwalkan acara 10 menit lebih awal
Contoh: masukkan jadwal meeting jam 1.00 kamu ke jadwal pada jam 12.50. Selalu set waktu 10 menit lebih awal agar kamu bisa datang lebih awal.

Baca juga: 6 Cara Supaya Pekerjaan Selesai Tepat Waktu

Atur reminder
Gunakan fungsi reminder pada smartphone kamu. Kesibukan dari aktivitas sehari-hari bisa membuatmu lupa beberapa agenda penting.

Jangan biarkan tangki bensin kosong atau uang elektronik kamu kosong
Ini bisa membuatmu terlambat jika pagi hari kamu masih harus mampir mengisi bahan bakar untuk kendaraanmu atau jika kamu menggunakan transportasi umum kamu harus mengisi e-money terlebih dahulu.

Gunakan timer
Gunakan timer kamu untuk menciptakan rasa urgensi, dan untuk membantumu tetap melangkah untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Dengan timer kamu akan lebih merasa dikejar waktu dan kamu pun akan bekerja dengan lebih cepat. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply