Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, Januari 22, 2022
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Pentingnya Jual Diri via Personal iBranding

Ilustrasi Superman. (dok. Istimewa)

Topcareer.id – Pada dasarnya, personal iBranding ibarat aura yang mewakili kamu. Orang yang melihatnya bakal mempersepsikan kamu di dalam benaknya.

Dalam personal iBranding, tentunya kamu menginginkan persepsi positif bukan? Beberapa sumber bahkan mengamini kalau hal ini merupakan salah satu syarat penting dalam menunjang kesuksesan seseorang.

Saking pentingnya personal iBranding, sudah bukan rahasia lagi jika beberapa pengusaha kelas wahid, hingga publik figur sengaja mempekerjakan orang-orang khusus untuk membangun imej lewat media sosial.

Alasannya, rentetan jadwal padat tak memungkinkan mereka untuk selalu mengupdate media sosial, padahal personal iBranding perlu terus dibangun.

Baca juga: Deddy Corbuzier Ungkap Pentingnya Personal Branding bagi Pelaku Usaha

Membangun personal iBranding

Untuk membangun personal iBranding yang baik, kamu terlebih dahulu perlu membangun karakter yang positif. Usahakan orang lain tahu karakter positif seperti apa yang ingin kamu bangun. Karakter tersebut biasanya bertalian dengan profesi, aktivitas sehari-hari, hingga pakaian yang kamu pakai.

Dalam hal ini, kamu perlu berhati-hati, karena jika salah langkah, kamu malah akan kena cap sebagai tukang pamer.

Langkah lain yang harus kamu lakukan, adalah kemampuanmu untuk menonjol. Itu artinya, kamu harus menampilkan diri dalam setiap kesempatan positif, sejalan dengan imej yang ingin kamu bangun.

Orang yang punya iBranding baik biasanya selain sering dicari head hunter atau klien, juga punya banyak relasi. Karenanya, tak hanya sebatas eksis semata, jalinan networking, dan silaturahmi harus terus dibangun.

Baca juga: Yang Perlu Dijauhi Saat Bangun Personal Branding di Media Sosial

Parameter personal iBranding bisa dilihat dari bagaimana orang-orang di luar sana menceritakan dan menilai tentang diri kamu.

Dengan terus membangun imej positif via personal iBranding, company branding maupun usaha yang sedang kamu rintis juga akan terus terbangun.

Jadi, jangan menyerah. Terus bangun dan tingkatkan imej kamu.

Catatan: artikel ini pernah dimuat majalah Topcareer edisi Januari 2013 dengan judul “Jual Diri via Personal iBranding.

the authorFeby Ferdian

Tinggalkan Balasan