Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, May 31, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kena Banjir atau Wabah Corona, Ini Tips Pilih Stok Makanan Darurat

Ilustrasi. (dok. Verywell Fit)

Topcareer.id – Bencana datang tanpa diduga. Bisa karena banjir yang mebuat akses keluar-mmasuk rumah tertutup. Atau bahkan wabah virus corona yang membuat seluruh kota dikarantina seperti di Wuhan, China atau Daegu, Korea Selatan.

Di saat seperti itu, marak terjadi pembelian besar-besaran di toko bahan pangan maupun supermarket. Penyebabnya, apa lagi kalau bukan perut lapar?

Kondisi ini dapat dicegah jika kamu sadar bencana dapat menerjang kapan saja. Mempersiapkan stok makanan jauh sebelum terjadi bencana dapat menyelamatkan kamu dari kondisi kelaparan di saat-saat kritis.

Baca juga: Pemerintah Imbau Masyarakat Tidak Beli Bahan Pokok Berlebihan

Makanan yang harus disediakan, tentunya, harus yang tahan lama dan sarat nutrisi. Untuk menampung koleksi makanan darurat, cukup gunakan kontainer plastik yang mudah dibawa di kondisi darurat.

Jangan lupa untuk mengingat tanggal kadaluwarsa stok makanan kamu. Tandai besar-besar dengan spidol atau kategorikan makanan sesuai bulan dan tahun kadaluwarsanya.

Berikut ini daftar bahan makanan yang wajib tersedia di kontainer darurat.

Beras

Inilah bahan pangan paling utama yang harus selalu tersedia, di kondisi krisis sekalipun. Walau berada di negara yang tidak menjadikan nasi sebagai makanan pokok, nasi tetap menjadi pilihan terbaik untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat. Dengan asupan karbohidrat yang memadai, tubuh kamu dapat bertahan lebih lama.

Baca juga: Dampak Panic Buying Akibat Virus Corona Masuk Indonesia

Minyak

Minyak menjadi aset penting di setiap kondisi krisis. Di antara beragam jenis minyak yang beredar di pasaran, yang paling baik kualitasnya ialah minyak sawit. Minyak sawit memiliki banyak kegunaan, seperti menggoreng, menumis, bahkan membuat kue.

Daging

Makanan berprotein juga penting untuk dapat bertahan hidup pasca bencana. Abon dan dendeng menjadi pilihan tepat untuk produk daging-dagingan yang tahan lama.

Produk olahan susu

Susu bubuk, keju, dan mentega kalengan dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan nutrisi yang membuat tubuh tetap fit walau dalam kondisi lelah. Pilih susu bubuk ketimbang susu cair atau susu kental manis yang daya tahannya lebih pendek.

Gandum

Produk gandum seperti sereal dapat dijadikan alternatif cemilan yang menyehatkan. Saat pasokan beras mulai menipis, sereal gandum dapat disajikan sebagai pengganti nasi. Kandungan karbohidrat dan nutrisi di dalamnya dapat memproduksi energi pada tubuh setiap hari.

Kacang-kacangan

Selain daging, kacang-kacangan juga menjadi alternatif yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh. Selalu sediakan kacang hijau, kacang tanah, dan kacang polong dalam stok makanan darurat di rumah kamu.

Makanan beku

Bahan pangan yang satu ini memang sedikit tricky. Umurnya memang panjang, namun dibutuhkan tempat khusus yang menjaga kesegarannya. Sediakan selalu nugget atau sosis di lemari es.* Diolah dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply