Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Januari 18, 2022
redaksi@topcareer.id
Tren

Manfaat Puasa Medsos ala Nadiem Makarim

Sumber foto: Infokomputer.grid.id

Topcareer.id – Di era digital ini, para milenial memang tidak bisa jauh dari media sosial. Selain dapat memberikan informasi dengan cepat dan mudah, medsos juga seolah menjawab kebutuhan para milenial untuk berinteraksi dan mengekspresikan diri mereka.

Namun demikian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim mengingatkan sisi lain dari media sosial yang perlu kita waspadai, terutama konsekuensinya terhadap kesehatan mental.

“Harus ada kesadaran di masyarakat kita, apalagi untuk kalangan anak-anak muda bahwa medsos itu ada konsekuensinya terhadap kesehatan mental kita.” tuturnya dalam channel YouTube Deddy Corbuzier, Senin (9/3/2020).

“Bermedsos itu gapapa, tapi kita harus aware dan sadar bahwa ini merupakan hal yang dapat menimbulkan kecanduan seperti rokok maupun alkohol. Dan orang enggak sadar, selain menimbulkan kecanduan, medsos dapat menciptakan perasaan loneliness yang sangat tinggi dan berkontribusi pada kesehatan mental kita.”

Baca juga: Ini yang Bikin Deddy Corbuzier Prihatin dengan Generasi Milenial

Maka dari itu, Nadiem menyarankan untuk kita melakukan puasa medsos. Menurutnya, puasa medsos ini memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah keberanian untuk menjadi diri sendiri.

“Saya sudah hampir 2,5 tahun tidak menggunakan medsos, dan itu sangat membantu. Pas keluar dari medsos saya merasa jauh lebih kalem, lebih pede dengan keputusan-keputusan yang saya buat, lebih fokus kepada pekerjaan dan keluarga saya. Dan saya merasa lebih secure,” ujarnya.

“Yang paling penting adalah keberanian untuk menjadi diri kita sendiri, dan itu sangat sulit di dalam ekosistem medsos. Karena di medsos itu kita melatih diri kita untuk tidak menjadi diri kita yang sebenarnya.”

Baca juga: Stres di Masa Muda, Akibatkan Masalah Kesehatan di Masa Tua

Selama menjalankan puasa medsos, Nadiem juga merasa memiliki kualitas pertemanan yang lebih dalam.

“Kalau puasa medsos kan enak, karena kalau kangen langsung telepon untuk ngajakin ketemuan. jadi kualitas pertemanan saya dalam dan lebih baik sejak saya puasa.” tuturnya.

Nah, ada yang mau mengikuti saran Nadiem?

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan