Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Bisa Jadi Obat Corona, Ridwan Kamil Minta Perguruan Tinggi Riset Tanaman Kina

Tanaman kina. (dok. Dinas Perkebunan Jawa Barat)

Topcareer.id – Ada bukti empirik kalau kloroquin fosfat yang terkandung dalam tanaman kina bisa mencegah dan memblokade pertumbuhan Covid-19 atau virus corona. Hal ini membuat Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil meminta perguruan tinggi melakukan riset lebih lanjut.

Hal ini terkait dari hasil studi lembaga riset di Tiongkok dan Amerika Serikat yang menunjukkan bahwa 100 orang terpapar virus corona di Wuhan bisa sembuh atau membaik.

Di Gedung Sate Bandung (12/3) Kang Emil, sapaan akrabnya, mengimbau universitas yang punya periset untuk segera melakukan riset-riset yang praktis mengecek apakah yang ada di Tiongkok dan Amerika ini bisa dijadikan sebagai upaya atau obat penyembuhan penyakit corona.

Baca juga: Virus Corona Ancaman Besar bagi Maskapai Penerbangan

Hal ini juga dibenarkan oleh periset Unpad yaitu Profesor Keri Lestari. Katanya, selain sebagai obat malaria kina juga ampuh mengatasi penyebaran virus corona dalam tubuh manusia.

“Saya sudah berdiskusi dengan Profesor Keri Lestari dari Unpad yang memang sudah meneliti terkait kloroquin fosfat ini,” ujar Kang Emil.

Pohon kina banyak tertanam di Jawa Barat sejak zaman kolonial Belanda, di antaranya di kawasan Jayagiri Lembang, di Bukti Unggul Cilengkrang sekitar 735 hektare, Pasirjambu, dan kawasan Subang. Saat ini kina dikelola dua institusi yakni PT Kimia Farma dan PTPN VIII.

Baca juga: Cuci Tangan Bantu Cegah Penyebaran Virus Corona. Begini Caranya

Kang Emil pun mengaku sudah menyampaikannya kepada Kementerian Kesehatan. Menurut Emil, Kemenkes sudah mengonfirmasi bahwa kloroquin fosfat punya bukti dan potensi luar biasa.

Menurut Kang Emil, kloroquin fosfat punya bukti dan potensi luar biasa. Namun bahan itu belum jadi mainstream. Maka ia pun meminta universitas di Jabar, salah satunya Unpad, untuk lebih meyakinkan lagi dengan bukti-bukti empirik bahwa kloroquin fosfat bisa dijadikan obat melawan virus corona. *

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply