Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Agar Kegiatan Ngantor Kamu Menyenangkan

Sumber gambar: Sapho.com

Topcareer.id – Dalam bekerja, faktor kenyamanan sangatlah penting. Rasa tidak nyaman dan perselisihan yang kadang terjadi di tempat kerja sering kali membuat performa kita jadi menurun.

Agar semua itu tidak terjadi, kamu bisa mencoba tips-tips di bawah ini. Dengan begitu, keseharian kamu di kantor akan kembali terasa nyaman dan menyenangkan.

Tersenyum
Tersenyum adalah cara murah meriah yang dapat kamu lakukan. Kuncinya adalah ketulusan hati. Memang tidak mudah jika kita tersenyum pada rekan kerja, atasan atau klien yang membuat kita kesal. Namun dengan memberikan senyuman yang tulus, mereka akan merasakan bahwa kita menerimanya. Ini kunci pertama untuk mendapatkan simpatik dari mereka.

Coba untuk mendengarkan
Ada kalanya, rekan kerja mengalami masalah yang mungkin sebenarnya juga sedang kamu alami. Cobalah untuk tetap memberikan empati kamu. Dengan mendengarkan dan memberikan rasa empati kamu, sering kali solusi akan muncul tiba-tiba. Ini tidak hanya akan membantu masalah rekan kerja, tetapi juga masalah yang sedang kamu hadapi.

Baca juga: Ini Efek Kesehatan yang Intai Kamu Karena Kerja di Ruang Ber-AC

Jangan ragu menawarkan bantuan
Tidak jarang kita disibukkan dengan berbagai macam kerjaan. Jika melihat rekan kerja yang mengalami kesulitan sedangkan kamu sudah selesai bekerja, jangan sungkan untuk memberikan bantuan. Kelak jika kamu juga berada dalam kesulitan, mereka pun tidak akan segan-segan untuk membantu. Tapi bukan berarti kamu menolong untuk mendapatkan balasan lho.

Inisiatif
Ketika atasan atau senior kamu ingin cuti, berinisiatiflah menawarkan apa yang bisa kamu lakukan. Tindakan ini juga merupakan cara untuk selalu berkomunikasi dan menjalin hubungan yang baik.

Jangan ragu memberi pujian
Secara psikologis, pujian mampu memberikan dampak kedekatan secara personal. Jadi tidak ada salahnya kita memberikan pujian pada rekan kerja atas apa yang telah ia capai, atau yang berhasil ia kerjakan.

Baca juga: 6 Langkah Hadapi Stres di Tempat Kerja

Cobalah menerima pekerjaan baru
Sering kali kita mendapatkan pekerjaan baru dari pimpinan. Jangan buru-buru untuk menolaknya. Siapa tahu dengan menerimanya, kita mendapatkan kesempatan promosi jabatan di tempat yang baru itu.

Belajar hal baru juga dapat memperkaya kemampuan dalam bekerja. Dengan demikian, kita akan satu langkah lebih maju dari yanghanya berkutat pada pekerjaan sendiri saja.

Catatan: Artikel ini pernah dimuat di majalah Topcareer edisi Juni 2012 dengan judul “Tidak Ada Salahnya Berbuat Lebih di Tempat Kerja”.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply