Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Jenis Pekerjaan yang Tak Bisa Dikerjakan dari Rumah

Dok. DollarSprout

Topcareer.id – Baru-baru ini Presiden RI Joko Widodo mengumumkan himbauan kepada para pekerja untuk melakukan kerja remote atau yang populer disebut sebagai Work From Home (WFH).

Tidak hanya karena penyebaran virus corona, WFH sendiri sebenarnya memang tengah menjadi tren. Ragam software canggih serta kualitas internet yang semakin baik memungkinkan kita untuk bertemu klien melalui panggilan video, menyimpan file di cloud, mengelola tugas, dan menyelenggarakan rapat kantor menggunakan fitur video conference.

Sayangnya, metode kerja dari rumah tidak selalu ideal untuk semua peran. Beberapa pekerjaan tetap membutuhkan kolaborasi langsung.

Mengutip business2community.com, Selasa (17/3/2020), berikut peran kerja yang tidak bisa dikerjakan dari rumah.

Operations

Mereka harus mengawasi tagihan dan pemeliharaan, memimpin pertemuan strategis dan mengelolanya. Dalam perusahaan ritel, operations juga sering berada di garis depan untuk menjaga keberlangsungan operasional ritelnya yang tersebar di banyak wilayah.

Baca juga: Rintangan Terberat yang Mungkin Dihadapi Pekerja Remote

Designer
Bukan berarti pekerjaan desain tidak dapat dilakukan dari jarak jauh. Tetapi pekerjaan desain sangat kolaboratif, dan membutuhkan umpan balik yang lebih banyak daripada peran lainnya di sebagian besar perusahaan. Desainer yang ditempatkan bersama di kantor bisa mempercepat proses dan membantu tim menghasilkan yang terbaik.

Videographer
Sulit memberi pekerjaan seorang videografer pekerjaan jarak jauh karena mereka harus selalu mengangkut peralatan berat yang mahal. Dan memiliki mereka di kantor membantu percepatan mewujudkan ide-ide baru untuk divisualisasikan, dan memungkinkan tim marketing untuk menghasilkan video pemasaran yang hebat dengan lebih cepat.

Top level (Board of director, VP, CEO)
Untuk berbagai alasan, sulit memimpin perusahaan dari jarak jauh. Ada nuansa kepemimpinan yang hebat, dan secara eksponensial lebih sulit untuk menjalankan perusahaan ketika tidak memiliki hubungan pribadi dengan karyawan.

Sebagai jajaran tertinggi perusahaan, berada di kantor akan memberi lebih banyak peluang untuk bertemu dengan sesama eksekutif, dan itu akan mendorong lebih banyak produktivitas bagi para manajer yang melapor kepada mereka.

Baca juga: 6 Tantangan Bekerja Remote, dan Cara Mengatasinya

Semua jenis pekerjaan tersebut bisa saja dikerjakan secara remote atau jarak jauh, namun akan lebih baik jika dikerjakan langsung di kantor di mana semua tools dan hal-hal yang mendukung pekerjaan tersebut ada, sehingga bisa lebih optimal.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x