Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, April 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Malu Bahasa Inggris Pas-pasan? Ini Tips Tingkatkan Kemampuan Kamu

Ilustrasi. (dok. Ambient.co.uk)

Topcareer.id – Bahasa Inggris hingga kini masih merupakan bahasa utama internasional yang wajib dikuasai. Walau banyak perusahaan di Indonesia mengharuskan karyawannya bisa berbahasa asing selain Inggris, namun Bahasa Inggris tetap yang utama.

Untuk bisa mencapai keterampilan bahasa Inggris, kamu perlu mengelilingi diri dengan para expert bahasa Inggris dan menjadikan bahasa Inggris bagian dari hidup kamu di mana pun.

Seperti dikutip dari Wallstreetenglish.com, cara terbaik bisa bahasa Inggris adalah paparkan diri kamu pada lingkungan berbahasa Inggris sebanyak mungkin. Practice makes perfect.

Selain itu, kamu harus menguasai 4 keterampilan bahasa Inggris yaitu: mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis.

Baca juga: 6 Bahasa Asing yang Sulit Dikuasai di Dunia

Mendengarkan (Listening)
Ini memainkan bagian yang sangat penting dalam mempelajari bahasa apa pun. Mendengarkan secara efektif memastikan pemahaman dan membantu meningkatkan akurasi saat berbicara. Untuk meningkatkannya kamu bisa membiasakan diri dengan hal berikut ini.

  • Musik
    Pilih jenis musik yang kamu sukai, jangan hanya sekedar suka, perhatikan juga liriknya. (Kadang-kadang membaca lirik dapat membantumu memahami isi lagu)
  • Film, TV shows, berita, hiburan, radio
    Jika kamu menonton DVD, kamu bisa menontonnya beberapa kali. Menonton dengan subtitle dan kemudian, ketika merasa lebih nyaman, cobalah tanpa subtitle. Biasakan mendengarkan radio berbahasa Inggris untuk melatih telinga menjadi terbiasa dengan bunyi bahasa tersebut.
  • Pameran
    Coba luangkan waktu untuk mendatangi pameran dengan bahasa Inggris yang biasa diselenggarakan oleh sekolah atau komunitas bahasa Inggris.

Berbicara (Speaking)
Ini sering kali merupakan yang paling sulit dari keempat keterampilan bahasa, tetapi segera setelah kamu bisa berbicara sedikit demi sedikit bahasa Inggris, ada banyak cara untuk meningkatkannya dengan cepat dan menyenangkan seperti cara berikut ini.

  • Bergabung dengan voice chat
    Teknologi telah berkembang pesat dalam hal jejaring sosial sehingga, di mana pun kamu tinggal, kamu akan menemukan ruang obrolan untuk bergabung.
  • Bicara dan rekam
    Ini mungkin terdengar lucu, tetapi itu akan membantumu menyadari bagaimana kamu bisa meningkatkan kemampuannmu dengan mengulangi rekaman beberapa kali.
  • Bicaralah dengan teman
    Cobalah bicara dengan teman dalam bahasa Inggris. Bahkan kamu dapat membuat grup untuk bermain game berbahasa Inggris, atau sekadar mengobrol bersama.

Membaca (Reading)
Ini adalah proses otak dan butuh waktu untuk berkembang. Jika kamu mengembangkan keterampilan membaca yang kuat, itu akan sangat membantu di masa depanmu saat belajar bahasa Inggris.

  • Buku dalam bahasa Inggris atau artikel di web
    Cobalah untuk mulai membaca buku-buku dengan bahasa Inggris yang mudah, seperti buku komik atau buku anak-anak. Banyak gambar akan membantu kamu memahaminya
  • Gunakan menu berbahasa Inggris
    Alihkan sistem operasional smartphone, PC atau tablet kamu ke dalam bahasa Inggris. Ini akan membantu meningkatkan kosakata kamu.

Menulis (Writing)
Meskipun mungkin mengintimidasi banyak orang, siapa pun dapat terbiasa menulis dengan sedikit disiplin dan kemauan untuk belajar. Begini caranya.

  • Tuliskan kata-kata atau ungkapan yang menurutmu bagus
    Jika kamu melihatnya dalam kalimat, kamu akan mengingatnya dengan lebih baik. Kamu bisa menggunakannya dalam buku harian kamu atau untuk caption pada psotingan Instagram atau Facebook kamu.
  • Tulis komentar di blog berbahasa Inggris
    Carilah blog berbahasa Inggris yang temanya cukup menarik minat kamu. Cobalah kamu ikut aktif dengan menulis komentar tentang apa yang kamu pikirkan. Ini bisa menjadi ajang latihan kamu untuk menulis dalam bahasa Inggris.

Semua tips yang disebutkan di atas dapat direduksi menjadi hanya satu hal, yaitu: PRAKTEK! Apa pun gaya belajar yang kamu miliki, apa pun bahasa asli kamu, kunci untuk memperoleh dan menguasai bahasa asing adalah PRAKTEK sebanyak dan sesering mungkin. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply