Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, September 21, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Latihan Public Speaking Cukup dari Rumah, Begini Caranya

Ilustrasi: merryriana.com

Topcareer.id – Berbicara di depan umum adalah hal yang menakutkan bagi sebagian orang. Tapi, hal itu bisa diubah dengan banyak latihan, dan kamu dapat melakukannya di rumah.

Jen Glantz, seorang penulis terlaris dan CEO Bridesmaid for Hire, menjelaskan beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan setiap minggu di rumah untuk lebih profesional dalam presentasi, pidato, atau percakapan sehingga public speaking tak lagi jadi kecemasan.

Berikut beberapa di antaranya:

Bicaralah ke dinding

Glants merekomendasikan untuk menantang dirimu berbicara di dinding setidaknya selama dua menit. Mengapa? Salah satu hal terbesar yang akan langsung menurunkan kepercayaan diri dan tingkat energi ketika kamu berbicara kepada audiens adalah ekspresi dan reaksi wajah mereka.

“Meskipun, sebagian besar waktu, itu tidak ada hubungannya denganmu. Ekspresi wajah orang-orang didasarkan pada pemikiran mereka (yang jarang ada hubungannya denganmu) dan bagaimana wajah mereka bertumpu,” kata dia dalam Business Insider.

Rekam dirimu saat berbicara

Salah satu cara tercepat untuk lancar berbicara di depan umum adalah dengan menonton dirimu sendiri berbicara. Aktifkan kamera dan rekam dirimu berbicara selama beberapa menit.

“Ketika memainkannya kembali, selesaikan penilaian diri sendiri dan mulailah menulis daftar perbaikan bahasa tubuh yang dapat kamu lakukan serta semua tics gugup yang kamu miliki (mulai dari menyentuh rambut hingga menggunakan tics verbal),” tulis Glants.

Pertama-tama, tonton video kembali dengan volume biasa lalu tonton lagi dengan diam untuk melihat komunikasi nonverbalmu.

Baca juga: Atasi Grogi Saat Public Speaking dengan Metode KAPAL

Bicaralah pada cermin

Setelah menonton diri sendiri di video, pergilah ke cermin. Berpura-puralah berbicara, jawab pertanyaan atau berikan pidato 1 menit. Saat kamu berbicara, fokuslah secara khusus pada ekspresi wajah, karena itu yang membantu memperkuat emosi terhadap suatu topik.

“Cocokkan ekspresi wajah dengan nada bicaramu sehingga dapat membantu mengarahkan pesan dan menarik perhatian audiensmu.”

Tonton video yang bagus

Sekarang, istirahatlah sejenak dari menonton diri sendiri dan pergilah ke YouTube atau TED Talk. Ketika kamu menonton pembicara kuat dan profesional lainnya, pelajari apa yang mereka lakukan dengan suara dan bahasa tubuh untuk menarik perhatian penonton.

Temukan lima hal yang telah mereka lakukan dengan baik sehingga kamu dapat mulai memasukkannya ke dalam sesi latihan di rumah.

Baca juga: Buat Milenial dan Gen Z, Ini Saran Mahir Public Speaking

Mulai menghitung ‘umm’ saat kamu bicara

Setiap kali kamu berbicara dengan orang-orang di telepon atau dengan seseorang di sekitarmu, sadari berapa kali kamu menggunakan tics verbal (kekhasan perilaku atau ucapan yang biasanya tidak disadari) dan kata-kata pengisi seperti umm, uhh, jadi, seperti, sebenarnya, gitu lho, dll.

“Ini akan membantumu memperhatikan pilihan kata dan menyadari berapa banyak tics verbal itu masuk ke dalam kalimatmu. Ingin menyingkirkan semuanya? Lakukan kontak mata saat berbicara. Ini akan membantumu fokus dan menggunakan lebih sedikit kata-kata itu.”

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply