Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Pemain dan Manajer Juventus Relakan Gaji 4 Bulan untuk Klub

Tim sepakbola Juventus. (dok. Getty Images)

Topcareer.id – Imbas dari virus corona yang mewabah ini juga memengaruhi kompetisi sepak bola hampir di tiap negara, pun di Eropa. Klub-klub sepakbola ternama pun kesulitan perekonomian untuk bertahan selama pandemi COVID-19 ini.

Bahkan para pemain dan manajer Juventus sepakat atas pengurangan upah yang bisa menyelamatkan klub 90 juta euro, diumumkan pada hari Sabtu (28/3/2020). Maurizio Sarri dan para pemainnya rela kena potong gaji empat bulan untuk membantu juara Italia selama krisis virus corona.

Kesepakatan itu muncul pada saat klub-klub terkemuka di seluruh Eropa harus memangkas tagihan upah karena dampak dramatis dari pertandingan yang ditunda atau dimainkan secara tertutup karena penyebaran virus.

“Efek ekonomi dan finansial dari pengertiannya dicapai positif sekitar 90 juta euro untuk tahun keuangan 2019/2020,” kata Juventus dalam sebuah pernyataan, dikutp dari The Guardian.

Baca juga: Deretan Atlet Dunia yang Positif Virus Corona

“Pengertian tersebut menyediakan pengurangan kompensasi dengan jumlah yang sama pada pembayaran bulanan Maret, April, Mei dan Juni 2020.” Perjanjian pribadi dengan Sarri dan para pemain akan diselesaikan dalam beberapa minggu mendatang.

Klub itu berbasis di salah satu daerah yang paling terpukul oleh krisis dan dalam beberapa pekan terakhir tiga pemain mereka – Paulo Dybala, Daniele Rugani dan Blaise Matuidi – telah dinyatakan positif Covid-19.

Sepak bola di seluruh dunia terhenti oleh pandemi dan penerbangan top Italia telah ditangguhkan sejak 9 Maret. Italia memiliki jumlah kematian tertinggi dari negara manapun karena virus ini.

“Karena keadaan darurat kesehatan global saat ini yang mencegah kinerja kegiatan olahraga, Juventus telah mencapai kesepahaman dengan para pemain dan pelatih tim utama mengenai kompensasi mereka untuk bagian sisa musim olahraga saat ini,” kata pernyataan itu.

Baca juga: Kanada dan Australia Batal Kirim Atlet ke Olimpiade Tokyo 2020

Jika pertandingan musim ini dijadwal ulang, lanjut pernyataan, klub akan bernegosiasi dengan itikad baik dengan para pemain dan pelatih menuntut kenaikan kompensasi sesuai dengan dimulainya kembali aktual dan finalisasi kompetisi resmi.

“Juventus ingin mengucapkan terima kasih kepada para pemain dan pelatih atas komitmen mereka pada waktu yang sulit bagi semua orang.”

Cristiano Ronaldo telah setuju untuk mengorbankan 3,8 juta euro dari upah tahunannya untuk meringankan beban pada klub. Kesepakatan itu datang sehari setelah klub Spanyol terkemuka Atlético Madrid mengambil keputusan untuk memotong upah staf mereka, termasuk para pemain.

Barcelona juga memberlakukan pengurangan upah wajib pada pemain mereka selama periode penguncian setelah Spanyol menjadi negara yang paling terpengaruh kedua oleh wabah corona di Eropa. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply