Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

7 Aturan yang Perlu Diterapkan dengan Rekan Kerja Saat WFH

Ilustrasi. (dok. Medium)

Topcareer.id – Banyak dari kita yang mulai bekerja dari rumah (work from home) saat ini, sebagai efek dari pandemi virus corona.

Kerja dari rumah bukan berarti kamu kehilangan komunikasi yang berkualitas dengan rekan kerja dan kolega. Ini juga bukan berarti kamu harus mencurahkan waktu sepanjang hari untuk kerja.

John Brandon, seorang penulis dan jurnalis lepas untuk beberapa media besar internasional, memberi beberapa aturan yang perlu diterapkan saat kerja dari rumah bersama rekan kerja dan kolega.

1. Tak ada kontak perusahaan setelah jam 5 sore

Memilih waktu ketika orang tidak boleh menghubungimu adalah kuncinya. Jika mereka meneleponmu atau mengirim email, abaikan saja. Kamu bisa jelaskan bahwa kamu selesai bekerja pada waktu tertentu. Ini penting karena pekerjaan dan kehidupan rumah terancam menyatu.

“Saya cenderung berhenti jam 5 sore karena saya sudah selesai untuk hari itu. Saya juga makan siang satu jam,” kata Brandon dalam laman The Ladders.

2. Pilih satu bentuk komunikasi digital

Kamu pasti akan dibanjiri dengan pesan teks, email, bahkan tumpukan notifikasi dari aplikasi baru lainnya selama kerja dari rumah. Untuk menghindari komunikasi berlebih, Brandon menyarankan memilih satu bentuk komunikasi utama, misal Slack sebagai metode resmi.

3. Tidak ada panggilan telepon di dini hari

Jam dini hari sangat berharga. Saat itulah kamu akan memiliki fokus yang paling baik dan menemukan hal-hal yang tenang. Lindungi waktu itu. Biarkan semua orang tahu kamu tidak menerima panggilan apa pun sebelum pukul 10 pagi, apa pun yang terjadi.

4. Pilih satu aplikasi obrolan video

Setiap pekerja memiliki preferensi ketika datang ke aplikasi obrolan video. Beberapa dari kita suka Zoom dan yang lain lebih suka Skype. Mirip dengan aplikasi kolaborasi atau perpesanan, kamu harus memilihnya dan selalu menggunakannya untuk bisnis perusahaan resmi.

5. Pikirkan dengan bijak tentang apa yang ingin kamu katakan

“Saya cenderung memaksakan larangan tentang terlalu banyak bicara, dan lebih suka jika rekan-rekan melakukannya dengan singkat dan sederhana.”

6. Tetap profesional

Meskipun di rumah, kamu tetap harus fokus bekerja. Meski sesekali tergoda untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa kamu mengenakan sandal atau memperkenalkan anjing keluarga, tapi alangkah lebih baik untuk tidak melakukannya.

“Alasannya adalah pekerjaan dan kehidupan rumah akan cenderung menyatu dan kamu mungkin tidak menemukan keseimbangan yang baik di antara keduanya.”

7. Minta akuntabilitas dan jangan menjadikannya opsional

Kita semua terisolasi. Yang benar-benar kita butuhkan sebagai pekerja jarak jauh adalah akuntabilitas. Pilih seseorang yang kamu percayai dan minta mereka untuk memeriksamu. Ketika kamu mulai bergumul dengan keterasingan, coba hubungi orang itu dan minta dorongan atau motivasi.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply