Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Oktober 26, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Ragam Fitur Canggih di Aplikasi 10 Rumah Aman, Apa Saja?

Topcareer.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Kantor Staf Presiden (KSP) resmi meluncurkan aplikasi 10 Rumah Aman, yang dapat membantu mencegah penyebaran virus corona (Covid-19).

“Aplikasi ini berisi informasi seputar Covid-19, apa yang dibutuhkan dan dapat dilakukan masyarakat saat di rumah, serta memastikan lingkungan tetap aman sebagai antisipasi penyebaran virus corona,” kata Kepala Kantor Staf Presiden (KSP), Moeldoko melalui teleconference dengan Menteri Kominfo (Menkominfo) Johnny G. Plate, Selasa (31/03/2020).

Baca juga: Work From Home? Ini 3 Aplikasi Absen untuk Perusahaan

Pada kesempatan yang sama, Johnny juga menjelaskan beberapa keunggulan fitur yang bisa dimanfaatkan pengguna aplikasi 10 Rumah Aman.

“Ada pengukuran suhu berkala, mulai dengan mengukur suhu tubuh pada diri sendiri dan seluruh penghuni rumah setiap hari. Kemudian mengingatkan tetangga sekitar tentang keadaan dan kesehatan melalui telepon atau aplikasi pesan instan,” ujar Johnny.

“Sehingga, beberapa rumahtangga selalu terpantau keadaan kesehatannya. Setiap penghuni rumah tersebut juga bisa saling memantau tetangga lain di sekitarnya.”

Baca juga: Pandemi Corona Bikin Aplikasi Meeting Zoom Laris Manis

Agar meringkankan kerja petugas kesehatan, aplikasi 10 Rumah Aman memungkinkan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan mandiri menggunakan alat diagnosis berbasis Artificial Intelligence (AI).

“Masyarakat dapat mengukur suhu tubuhnya sendiri, memeriksa kesehatan secara mandiri dan memantau daerah atau masyarakat mana yang memiliki potensi penyebaran Covid-19, melalui pantauan suhu tubuh agar dapat menghindari daerah tersebut,” ungkap Menkominfo.

Menurut Johhny, aplikasi 10 Rumah Aman memiliki fitur inspirasi tentang gaya hidup sehat, di mana masyarakat secara aktif akan sering diingatkan untuk selalu mencuci tangan dan melakukan physical distancing.

“Ada juga fitur berbagi makanan. Jadi setiap keluarga bisa memasak dan makan di rumah. Kemudian membagikan hasil masakan ke tetangga atau masyarakat sekitar yang kurang beruntung agar mereka tetap di rumah sambil menjaga jarak aman,” tambahnya.

Baca juga: Kominfo Hadirkan Aplikasi Khusus untuk Lacak Pasien Covid-19

Selain untuk kesehatan, Menkominfo juga menjelaskan bahwa aplikasi itu menyediakan toko daring yang menjual kebutuhan sehari-hari dengan harga resmi tanpa ada permainan harga.

Aplikasi 10 Rumah Aman merupakan kolaborasi perusahaan anak negeri dari beragam sektor yaitu WIR Group, COMPRO, Prixa.ai, Disrupto serta perusahaan komunikasi dan konten anak negeri, Kennedy Voice Berliner (KVB).

Aplikasi ini juga akan terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti ChatBot covid19.go.id, PeduLindungi, Halodoc, Alodokter, Good Doctor, Sahabatdokter, SehatQ, Sehatpedia dan KlikDokter.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan