Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, October 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ekonomi Pekerja Seni Terdampak Corona, Kemendikbud Tawarkan Bantuan. Begini Isi Formulirnya

Pentas teater. (dok. Beritagar)

Topcareer.id – Dampak ekonomi dari wabah corona sungguh masif. Tidak hanya menimpa para pekerja yang mengandalkan upah harian seperti driver ojek online atau pedagang, tapi juga pekerja seni.

Akibat pemberlakuan physical distancing banyak perhelatan kesenian dibatalkan atau mundur sampai batas waktu tak tentu. Syuting film atau serial TV berhenti. Konser diundur atau dibatalkan. Pameran maupun pertunjukan kesenian lain pun bernasib serupa. Tak ayal, para pekerja seni–bukan hanya seniman, tapi juga para kru–kehilangan mata pencaharian. Padahal, urusan perut dan kebutuhan lain tak bisa diundur.

Pemerintah tak tinggal diam. Presiden Joko Widodo telah menggolkan program bantuan bagi masyarakat yang kebutuhan ekonominya terdampak oleh wabah corona. Khusus bagi pekerja seni, Pemerintah mengeluarkan skema dana jaring pengaman sosial lewat Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud (Kompas, 30/3/2020).

Baca juga: Cerita Taylor Swift dan Ariana Grande Bantu Ekonomi Penggemar yang Terdampak Corona

Sebagai langkah awal Dirjen Kebudayaan Kemendikbud menginventarisasi para pekerja seni yang yang terdampak secara ekonomi oleh COVID-19. Caranya mudah. Para pekerja seni cukup mengisi borang (formulir) yang diedarkan Dirjen Kemendikbud.

Formulir itu berisi keterangan seputar kegiatan atau bidang kesenian yang digeluti, pengeluaran ekonomi per bulan pekerja seni, serta contoh kegiatan/produk kesenian yang pernah dilakoni.

Kalau kamu atau saudara kamu pekerja seni yang ekonominya terdampak secara ekonomi oleh wabah corona, isilah borang ini selengkapnya di http://bit.ly/borangpsps . *

the authorAde Irwansyah

11 Comments

Leave a Reply