Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, August 9, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kehilangan Pekerjaan karena Wabah Corona, Apa yang Harus Dilakukan?

Topcareer.id – Jika kamu terkena PHK karena pandemi virus corona, kamu tidak sendirian. Jutaan orang di luar sana juga mengalami hal sulit ini sekarang, kehilangan pekerjaan. Tak bisa dipungkiri hampir seluruh bisnis terpukul karena COVID-19.

Jika kamu kehilangan pekerjaan, mulailah dengan tujuh langkah ini untuk akhirnya bangkit kembali, seperti disarankan dalam laman Entrepreneur berikut.

1. Ajukan pertanyaan yang benar

Langkah pertama adalah berkomunikasi dengan atasan. Ada berbagai jenis PHK. Beberapa bahkan mungkin tidak sah, atau mungkin dibahas dalam kontrak kerjamu atau perjanjian bersama. Cari tahu apakah perusahaan bersedia berkomitmen jika kamu kembali bekerja. Mengetahui timeline akan sangat membantu dalam merencanakan keuangan dan bagaimana kamu beraktivitas saat masa libur.

Baca juga: Kantor Terancam Tutup? Lakukan Ini Agar Tak Jadi Pengangguran

2. Temukan dukungan yang tepat

Ada banyak program hari ini untuk mendukung pekerja, tetapi pastikan mendaftar untuk tunjangan pengangguran secepat mungkin. Di Indonesia ada program kartu pra kerja yang memberi tunjangan bagi masyarakat selama belum bekerja. Kamu bisa pantau website-website kementerian terkait, seperti Kementerian Ketenagakerjaaan.

3. Menjadi profesional

Dalam hampir semua kasus, pengusaha berusaha melakukan yang terbaik dalam situasi yang sulit. Bagaimana kamu bertindak akan berbicara banyak tentang karaktermu, dan meskipun menggoda, sekarang benar-benar bukan saatnya untuk memposting hal-hal negatif di media sosial. Bisnis akan pulih; pikirkan bagaimana tindakanmu akan diingat.

4. Jaga kesehatan mental

PHK bisa menjadi pengalaman kehilangan dan perubahan yang besar dan menakutkan. Pastikan kamu fokus pada hubunganmu, mendapatkan udara segar dan olahraga, meluangkan waktu untuk diri sendiri dan keterampilan serta mempercepat di mana harus mencari bantuan jika kamu membutuhkannya.

5. Tulis anggaran

Manfaatkan waktu yang kamu miliki menemukan cara lain untuk menabung, seperti menelepon bank, broker hipotek, dan penyedia utilitas untuk meminta menunda pembayaran. Atau cari langganan otomatis di ponsel atau kartu kredit untuk dibatalkan.

Baca juga: ILO: Pandemi Corona Sebabkan 25 Juta Pengangguran di Dunia

Jumlah kecil ini dapat bertambah dan dapat memberdayakan, memberimu perasaan kontrol selama waktu yang sangat menantang. Memahami realitas keuangan dapat mendorongmu untuk memutuskan mencari pekerjaan di beberapa industri yang saat ini mempekerjakan.

6. Tetap terhubung dengan atasan dan rekan kerja

Jika PHK bersifat sementara, coba untuk tetap terhubung dengan tim dan secara proaktif check-in. Empati dan akan diingat ketika COVID-19 telah lama berlalu.

7. Tunda tujuan jangka panjang

Sekarang bukan waktunya untuk khawatir tentang jangka panjang. Fokus pada apa yang dapat dilakukan pada saat ini untuk melewati beberapa bulan ke depan. Semuanya akan kembali ke jalurnya, tetapi pertimbangkan perencanaan dengan peningkatan 30 hingga 90 hari. Itu jauh lebih luar biasa dan memberimu banyak fleksibilitas untuk merangkul peluang yang datang. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply