Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, June 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Tips Terjun ke Industri Film dari Joko Anwar

Dok. Mildspot

Topcareer.id – Bagi pecinta sinema, terjun ke industri perfilman jadi mimpi tersendiri. Baik itu sebagai aktor, penulis skenario, sutradara, dan sebagainya. Bangga rasanya saat kita bisa memberi sumbangsih ke Industri yang kita sukai.

Nah, bagi kamu yang bercita-cita untuk terjun ke ranah perfilman, sutradara Perempuan Tanah Jahanam, Joko Anwar punya tips soal hal-hal yang perlu kamu siapkan.

Hal ini diungkapkannya ketika menjadi bintang tamu bersama sutradara Sammaria Simanjuntak di program Pekan #Kreatifdisaatsulit, yang dilakukan melalui video conference dan disiarkan lewat akun Instagram @mblocspace, Minggu (5/4/2020).

Baca juga: Cerita Sinetron Amburadul? Ternyata Ini Sebabnya

Joko menuturkan, portofolio adalah salah satu ‘senjata’ yang bisa kamu siapkan. Terutama jika melihat persaingan dan juga standar yang kian tinggi di industri ini.

“Cara masuk industri itu ada banyak cara, ya. Kalau Sammaria Simanjuntak langsung bikin film panjang sendiri karena kebetulan dia punya investor yang memberikan dia uang. Ada juga yang bekerja menjadi kru dulu. Ada yang tadinya jadi penulis skenario, astrada, pencatat skrip dan lain sebagainya,” ungkap Joko Anwar.

“Tapi yang paling penting menurut aku, kita harus punya portofolio. karena menurut aku, zaman sekarang semakin banyak persaingan untuk masuk ke industri, jadi kita harus menyiapkan portofolio yang menarik,” ujarnya.

Mengenai #KreatifdiSaatSulit M Bloc Space

Melalui program #KreatifdiSaatSulit, M Bloc Space berkolaborasi dengan para kreator, seniman, wirausahawan, serta pelaku kreatif lainnya melalui talkshow dan konser musik yang bisa disaksikan di rumah melalui media sosial seperti Instagram dan YouTube.

Inisiatif ini diambil sebagai pesan optimisme di masa yang penuh tantangan akibat pandemi Covid-19.

Melalui program ini, M Bloc Space juga mengadakan penggalangan dana untuk membantu tim medis yang bekerja di garda terdepan pemberantasan wabah Covid-19.

Sebagian dana yang didapat juga akan dipakai untuk membantu menyediakan kebutuhan pokok sehari-hari bagi para pekerja harian di bidang musik seperti kru band, kru panggung, dan kru acara yang mengalami berbagai pembatalan acara akibat wabah Covid-19.

Bagi yang ingin turut berdonasi, kamu bisa melakukannya via link kitabisa.com/kreatifdisaatsulit.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply