TopCareerID

Orang yang Stres Rentan Terkena Infeksi, Termasuk Meningitis

Topcareer.id – Menurut para ilmuwan, orang yang stres lebih mungkin terkena infeksi mematikan karena melemahkan sistem kekebalan tubuh mereka. Salah satu yang mengintai adalah meningitis atau radang selaput otak.

Penelitian ilmiah modern semakin menaruh perhatian pada hubungan antara kesehatan mental dan kesejahteraan berbagai kondisi fisik. Salah satu contohnya adalah hubungan antara stres dan kesehatan fisik yang buruk.

Studi terbaru telah menemukan hubungan antara PTSD dan berbagai kondisi gastrointestinal, neurologis, dan kardiorespirasi.

Sebagai contoh, satu studi menemukan bahwa penyakit jantung 27% lebih mungkin terjadi pada orang dengan PTSD (post-traumatic stress disorder–gangguan stres pasca-trauma), dan orang dengan PTSD adalah 46% lebih mungkin untuk mengembangkan kondisi autoimun.

Baca juga: Bagaimana Atasi Stres di Tengah Pandemi Covid-19

Huan Son, seorang rekan pascadoktoral di Pusat Ilmu Kesehatan Masyarakat di Universitas Islandia di Reykjavík – adalah penulis studi pertama dan yang bersesuaian. Hasil penelitian tim muncul di BMJ.

Mempelajari infeksi dan gangguan stres

Song dan rekannya meneliti tingkat infeksi dalam kelompok 144.919 orang dengan diagnosis PTSD, “reaksi stres akut, gangguan penyesuaian, dan reaksi stres lainnya” antara 1987 dan 2013.

Para peneliti membandingkan kohort ini dengan 184.612 saudara kandung yang hidup dengan diagnosis gangguan terkait stres dan dengan 1.449.190 individu yang cocok tanpa kondisi seperti itu.

Infeksi yang dipelajari para peneliti termasuk sepsis, endokarditis, dan meningitis atau infeksi sistem saraf pusat lainnya. Mereka memeriksa Daftar Pasien Nasional Swedia dan Daftar Penyebab Kematian untuk kunjungan rumah sakit terkait infeksi dan jumlah kematian.

Rata-rata, peserta menerima diagnosis gangguan terkait stres pada usia 37, dan para peneliti mengikuti peserta selama rata-rata 8 tahun.

Baca lebih jauh di halaman berikutnya>>

Stres dan infeksi, apa kaitannya?

“Populasi Swedia, gangguan terkait stres dikaitkan dengan risiko infeksi yang mengancam jiwa, setelah mengendalikan latar belakang keluarga dan komorbiditas fisik atau kejiwaan,” analisis tersebut mengungkapkan, dikutip dari Medical News Today.

Secara khusus, hasilnya menunjukkan 63% risiko lebih tinggi terkena meningitis di antara mereka yang memiliki gangguan terkait stres, dan risiko endokarditis 57% lebih tinggi, dibandingkan dengan saudara kandung yang tidak memiliki kondisi terkait stres.

Baca juga: 6 Langkah Hadapi Stres di Tempat Kerja

Juga, gangguan penggunaan narkoba semakin meningkatkan risiko ini. Sebaliknya, menggunakan inhibitor reuptake serotonin selektif pada tahun pertama memiliki diagnosis gangguan terkait stres menurunkan risiko ini.

Karena ini adalah penelitian observasional, penelitian tidak dapat membuktikan hubungan sebab akibat. Namun, dalam taut editorial yang terkait, Prof. Jonathan Bisson – dari Universitas Cardiff di Inggris – mengeksplorasi beberapa mekanisme yang mungkin dapat menjelaskan temuan.

“[A] poros hipotalamus-hipofisis-adrenal yang terganggu, dengan penurunan kadar kortisol atau reseptor resistansi adalah salah satu jalur tersebut,” katanya. Hal ini pada gilirannya dapat memicu peradangan berlebihan.

Song dan rekannya menyampaikan bahwa dalam temuan itu, gangguan yang berhubungan dengan stres dapat mengakibatkan produksi sitokin inflamasi yang berlebihan. Namun, baik penulis penelitian dan Prof. Bisson mengingatkan bahwa diperlukan lebih banyak penelitian. *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version