Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Begini Cara Buat Hand Sanitizer Sendiri Menurut WHO

Hand Washing, using sanitizing gel

Topcareer.id – Walaupun sudah hitungan bulan wabah corona menyebar di Indonesia, hand sanitizer masih menjadi barang langka yang diburu oleh masyarakat.

Banyaknya peminat, membuat sebagian orang meracik hand sinitizer secara sembarangan dengan bahan-bahan yang tidak terjamin keamanan maupun kesehatannya.

Yang lain, mengambil kesempatan dengan berlomba-lomba membuat sendiri hand sinitizer dengan bahan-bahan yang tidak terjamin mutunya lalu menjualnya. Dengan di iming-imingi harga yang murah, bukannya bisa menangkal virus corona, justru kandungan hand sinitizer tersebut malah mengandung bakteri, kuman atau virus lainnya.

Nah, agar itu tidak terjadi mendingan kamu buat hand sinitizer sesuai anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Berikut bahan dan caranya.

Baca juga: Kenali Bahaya Disinfektan dan Pemakaian Hand Sanitizer Berlebih

Dikutip dari Instagram Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional, WHO mengeluarkan dua formulasi untuk membuat hand sanitizer per 10 liter.

Formula 1
Ethanol 96%: 8,333 ml
Hidrogen Peroksida 3%: 417 ml
Gliserol 98%: 145 ml
Air matang dingin :1105 ml

Formula 2
Isopropil alkohol 99,8%: 7515 ml
Hidrogen peroksida 3%: 417 ml
Gliserol 98%: 145 ml
Air matang dingin :11923 ml

Untuk membuatnya, pilih salah satu formula yang kamu inginkan. Kemudian masukan semua bahan tersebut ke dalam wadah dan aduk hingga merata. Jika tekstrurnya sudah menyerupai gel dan merata, kamu tinggal pindahkan ke dalam botol yang memiliki tutup. Jadi, deh. Mudah kan? *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan