Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

Kisah Bhasha Mukherjee, Miss England 2019 Gantung Mahkota untuk Jadi Dokter Tangani Pasien Covid-19

Bhasha Mukherjee, Miss England 2019 yang berptofesi dokter. (dok. The Print)

Topcareer.id – Miss England 2019, Bhasha Mukherjee kembali ke Inggris setelah keliling dunia melakukan pekerjaan amalnya. Ia kembali ke Inggris untuk melanjutkan kariernya sebagai dokter di tengah pandemi virus corona yang menyebabkan penyakit covid-19.

Bhasha Mukherjee mengambil cuti karier sebagai dokter junior setelah berkompetisi dalam kontes Miss World pada Desember 2019. Mukherjee mewakili Inggris di kontes setelah memenangkan Miss England.

Diundang sebagai duta besar untuk beberapa badan amal, Mukherjee telah merencanakan untuk menggantungkan stetoskop dan fokus pada pekerjaan kemanusiaan hingga Agustus tahun ini.

Baca juga: WHO: Dunia Kekurangan 6 Juta Perawat

“Saya diundang ke Afrika, ke Turki, lalu ke India, Pakistan dan beberapa negara Asia lainnya untuk menjadi duta besar dalam berbagai kegiatan amal,” kata Mukherjee kepada CNN.

Pada awal Maret, perempuan berusia 24 tahun itu berada di India selama empat minggu atas nama Coventry Mercia Lions Club, sebuah badan amal pengembangan dan komunitas tempat ia menjadi duta besar.

Badan amal itu mengunjungi sekolah-sekolah dengan sumbangan alat tulis, dan juga memberikan uang ke rumah untuk gadis-gadis terlantar.

Tetapi ketika situasi virus corona memburuk di kampungnya Inggris, Mukherjee menerima pesan dari mantan rekannya di rumah sakit lamanya, Rumah Sakit Pilgrim di Boston, Inggris timur, mengatakan kepadanya betapa sulit situasinya bagi mereka.

Mukherjee menghubungi tim manajemen rumah sakit untuk memberi tahu mereka bahwa dia ingin kembali bekerja.

Bhasha Mukherjee (tengah) menerima mahkota Miss England 2019. (dok. India Today)

Tugas kemanusiaan

Mukherjee mengatakan kepada CNN ia merasa bersalah mengenakan mahkota Miss England-nya, bahkan untuk pekerjaan kemanusiaan, sementara orang-orang di seluruh dunia mati karena virus corona dan rekan-rekannya bekerja sangat keras.

“Ketika kamu melakukan semua pekerjaan kemanusiaan ini di luar negeri, kamu masih diharapkan untuk mengenakan mahkota, bersiap-siap terlihat cantik. Saya ingin kembali ke rumah. Saya ingin datang dan langsung bekerja.”

Mukherjee, yang pindah ke kota Inggris Derby dari Kolkata pada usia 9, mengatakan ia merasa jalan ini adalah apa yang harusnya didapatkan ketika lulus dari kedokteran dan sudah waktunya ia berperan yang terbaik menjadi bagian dari sektor khusus ini.

Baca juga: Ahli: Butuh 1 Tahun untuk Vaksin COVID-19 Dipakai Massal

“Luar biasa cara seluruh dunia merayakan semua pekerja kunci, dan saya ingin menjadi salah satu dari mereka, dan saya tahu saya bisa membantu. Tidak ada waktu yang lebih baik bagi saya untuk menjadi Miss England dan membantu Inggris pada saat dibutuhkan,” katanya.

Mukherjee mengasingkan diri selama satu hingga dua minggu hingga dia dapat kembali bekerja sebagai dokter di Rumah Sakit Pilgrim. Dia mengkhususkan diri dalam pengobatan pernapasan tetapi mengatakan dokter saat ini sedang bekerja ke mana pun mereka dibutuhkan. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply