Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, July 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Di Rumah Saja karena Corona, Minecraft Tawarkan Game Edukasi Gratis untuk Anak-anak

Topcareer.id – Minecraft memberikan serangkaian pelajaran pendidikan dalam game-nya di saat para siswa hampir di seluruh dunia menghadapi penutupan sekolah karena lockdown akibat pandemi global virus corona.

Minecraft Marketplace dimutakhirkan untuk menawarkan kategori “Education” baru, yang akan menampilkan permainan yang dapat diunduh dengan pelajaran tentang biologi dan bahkan tur virtual Washington, D.C.

“Ada begitu banyak lingkungan game online yang mirip dengan bagaimana kita harus bekerja hari ini,” kata Deirdre Quarnstrom, manajer umum Minecraft.

Baca juga: Anak Kecanduan Main Game di HP, Ini Cara Atasinya

Merujuk pada dinamika work from home (WFH) yang dipraktikkan akibat meluasnya wabah Covid-19, game digital Minecraft dapat dengan cukup mudah diaplikasikan ke lingkungan WFH.

Minecraft: Edisi Pendidikan dibuat dari komunitas model game yang aktif. MinecraftEDU adalah kolaborasi antara pengembang Finlandia dan Amerika yang telah digunakan oleh guru sebelum Microsoft membelinya langsung pada 2016.

Sebelumnya pada bulan Maret 2020 Microsoft mengizinkan akses gratis hingga Juni 2020 untuk paket Edisi Pendidikan yang awalnya hanya tersedia untuk sekolah dan guru.

Di Roanoke County, Va., kemitraan Microsoft menggunakan Minecraft dalam kurikulumnya. Dilaporkan, kolaborasi guru meningkat sementara siswa menunjukkan minat yang meningkat pada sains dan pemrograman komputer.

Dikutip dari Washingtonpost.com, Kamis (16/4/2020), berikut beberapa program pendidikan yang diluncurkan secara gratis di Minecraft Marketplace:

  • Proyek NASA untuk siswa, yang mengundang siswa untuk melakukan tur ke International Space Station, lengkap dengan eksperimennya.
  • Menjelajahi mata manusia.
  • Permainan teka-teki logika untuk mengajarkan siswa cara membuat kode dan berpikir seperti programmer.
  • Tur situs bersejarah Washington D.C., termasuk Lincoln Memorial, Gedung Putih, dan Pentagon.
  • Tower game yang mengajarkan siswa tentang pembangkit listrik dari berbagai sumber seperti angin dan nuklir.

Di Jepang hingga Polandia

Bahkan sebelum Microsoft melakukan ini, siswa di seluruh dunia telah berbondong-bondong join game online ini sebagai outlet sosial dan pusat kreativitas.

Di Jepang, sebuah sekolah dasar mengadakan upacara dimulainya kegiatan sekolah (lengkap dengan praktiknya) di dalam game Minecraft.

Pemerintah Polandia menyiapkan server Minecraft resmi untuk dimainkan dan dipelajari oleh siswa di negara tersebut. Game ini adalah ruang belajar yang kemungkinan besar banyak dikenal secara familier oleh anak-anak jaman sekarang, mengingat reputasi game ini sebagai game paling populer dan paling sering dimainkan di dunia dalam sejarah.

Game Minecraft ini sudah dimainkan oleh lebih dari 100 juta orang setiap bulan di seluruh dunia, dan sebagian besar dari mereka adalah anak-anak.

“Di rumah saya sendiri, saya memiliki dua anak perempuan dan kami memiliki dunia yang kami bangun bersama sebagai sebuah keluarga, senang rasanya bisa melupakan berita untuk sementara waktu dan perasaan terisolasi, ini adalah tempat yang nyaman bagi banyak orang, ” kata Quarnstrom. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply