Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, April 19, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penting Kamu Tahu: Beda Bakteri dengan Virus?

Ilustrasi. (dok. Noreste)

Topcareer.id – Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan virus corona baru. Penyakit yang kita idap umumnya terjadi akibat kita terpapar bakteri dan virus.

Bakteri menjadi penyebab banyak penyakit paling ditakuti pada manusia, misalnya kolera, tuberkolosis, dan wabah pes. Sedangkan virus menyebabkan kita sakit ringan seperti flu atau yang kini mewabah, covid-19. Tapi bagaimana kita membedakan mana bakteri dan yang mana virus?

Dengan kasat mata kita tak mungkin bisa melihat bakteri maupun virus. Anton van Leeuwenhoek, penemu mikroskop praktis pertama, berhasil mengamati bakteri dari bendaciptaannya pada 1683.Sementara itu, baru pada 1892 virus diidentifikasi sebagai agen penyakit oleh Dmitri Iwanowsk.

Baca juga: Selain Covid-19, Ini Virus Yang Sebabkan Jutaan Nyawa Warga Dunia Melayang

Mungkin ada baiknya virus dan bakteri terlalu kecil untuk dilihat dengan mata telanjang. Kalau tidak, hidup kita akan menakutkan. Kita akan melihat makhluk mengerikan melayang-layang, bergoyang-goyang, melingkar-lingkar, atau merangkak di mana-mana—di udara, tanah, air, dan yang lebih buruk, di wajah dan tubuh kita. Virus corona, misalnya, berbentuk bundaran bulat dengan duri-duri.

Lebih dari 100 triliun makhluk mikroskopis, yang kebanyakan adalah bakteri dan virus, hidup di permukaan tubuh manusia. Triliunan lagi hidup dalam tubuh kita, berenang di aliran darah, menempel di sel tubuh, dan melayang-layang di dalam perut dan usus kita.

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa di tubuh manusia ada mikroba berjumlah sepuluh kali lebih banyak daripada sel manusia.

Lalu, apa bedanya bakteri dengan virus?

Buka halaman berikutnya>>

the authorAde Irwansyah

Tinggalkan Balasan