Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Olahraga Saat Puasa, Kapan Baiknya?

Ilustrasi. (dok. Harvard Health)

Topcareer.id – Bulan Ramadan tahun ini terasa berbeda karena umat Muslim puasa menahan lapar dan dahaga di tengah pandemi corona. Yang membedakannya juga puasa kali ini berlangsung saat sebagian besar kita bekerja dari rumah.
Berpuasa dengan menghabiskan waktu di rumah saja dijadikan alasan bersantai dan melakukan kegiatan lebih ringan dari biasanya.

Eits, tunggu dulu. Puasa bukan berarti bermalas-malasan, dengan dalih takut lemas dan menghabiskan energi.

Ingat, terlalu banyak tidur justru akan membuat badan loyo dan kurang stamina. Kalau pada hari biasa kita terbiasa olahraga, teruskan saja kebiasaan itu. Karena kalau tiba-tiba dihentikan, akan berpengaruh pada bobot tubuh.

Baca juga: Olahraga yang Tepat di Tengah Pandemi Virus Corona

Orang yang biasa berolahraga dan tiba-tiba berhenti saat puasa secara otomatis bobot tubuhnya akan naik. Pasalnya pada bulan puasa kita baru bisa makan selepas maghrib. Kalau setelah itu tak melakukan aktivitas apa pun, sama saja tak ada proses penghancuran lemak.

Sedangkan buat kamu yang tak terbiasa olahraga, tak ada salahnya ‘kan berolahraga selama bulan puasa? Selain menjaga kebugaran tubuh, menjaga kestabilan bobot tubuh.

Olahraga di malam hari

Ya, jadi olahraga ketika puasa tetap disarankan. Bedanya, waktu dan jenis olahraganya. Kalau biasanya kita bisa melakukan olahraga kapan pun kita mau, bulan puasa lain ceritanya. Salah-salah bisa kehabisan energi atau bahkan sampai pingsan.

Waktu yang paling tepat olahraga saat berpuasa adalah di malam hari. Tapi tidak langsung sehabis buka puasa, lho! Pertama, buka puasalah dengan yang manis, seperti kurma, kemudian disarankan minum air putih.

Setelah itu untuk menghindari kram otot, lebih baik beraktivitas dulu (sholat maghrib-red), baru dilanjutkan makan berat. Tunggu kira-kira dua jam, baru dianjurkan olahraga.

Bagaimana dengan waktu yang lainnya? Olahraga bisa juga dilakukan sebelum sahur. Tapi rasanya banyak yang malas, mengingat saat bulan puasa orang cenderung kurang tidur. Pilihan lain, satu atau setengah jam sebelum buka puasa. Namun tidak disarankan bagi yang tak terbiasa berolahraga.

Soal durasi, jika biasanya olah raga dilakukan selama 1-2 jam, ada baiknya saat bulan puasa dikurangi. Cukup antara 15-30 menit saja dan tentunya didahului dengan pemanasan atau stretching.* Dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply