Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, July 7, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

Dapat Dana dari Facebook, Mukesh Ambani Kalahkan Jack Ma Jadi Orang Terkaya se-Asia

Mukesh Ambani. (dok. Financial Express)

Topcareer.id – Setelah menerima kucuran dana investasi dari Facebook Inc. hingga USD5,7 miliar untuk Jio, sang pemimpin Reliance Industries Mukesh Ambani menjadi orang terkaya lagi di Asia. Kekayaan Ambani naik sekitar USD4,7 miliar menjadi USD49,2 miliar setelah keuangan Reliance Industries Ltd. naik 10%.

Bahkan lompatan itu menempatkan Ambani sekitar USD3,2 miliar di depan Jack Ma, miliuner China, menurut Bloomberg Billionaires Index. Pemeringkatan diperbarui setelah penutupan setiap hari perdagangan di Amerika Serikat.

Facebook Inc. menginvestasikan USD5,7 miliar dalam kesepakatan terbesar jejaring sosial AS itu sejak pembelian WhatsApp pada 2014 karena mencari pijakan yang lebih luas di pasar global terbesarnya.

Baca juga: Wabah Corona, Huawei Catat Pendapatan Kuartal I Rp 401,7 Triliun

Perusahaan itu akan membeli sekitar 10% dari Jio Platform, yang menyatukan aplikasi digital dan platform nirkabel di bawah satu payung, kata perusahaan yang berbasis di Mumbai itu dalam sebuah pernyataan, Rabu (22/4/2020).

Sebelum Rabu, Ambani, yang memiliki kilang minyak terbesar di dunia, telah mengalami penurunan sebesar USD14 miliar pada indeks tahun 2020, penurunan dolar terbesar di Asia.

Alibaba Group Holding Ltd. Ma, yang yayasannya minggu ini menyumbangkan 100 juta masker kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk memerangi pandemi Covid-19, telah kehilangan hampir USD1 miliar hingga Selasa.

“Inti dari kemitraan kami adalah komitmen yang Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, dan saya bagikan untuk transformasi digital seluruh India,” kata Ambani dalam video web yang diposting di halaman Facebook Jio, dikutip dari Bloomberg.

Baca juga: IMF: Ekonomi Global Mungkin Belum Pulih dari Pandemi Corona pada 2021

Ia menambahkan bahwa merek Facebook telah menjadi nama rumah tangga di India. “WhatsApp khususnya, telah memasukkan kosakata harian orang-orang kami dalam semua 23 bahasa resmi India.”

Jio diluncurkan pada September 2016 dan, dalam lebih dari tiga tahun, menjadi perusahaan layanan seluler terbesar di India oleh basis pelanggan. Ini adalah satu-satunya perusahaan telekomunikasi India yang memiliki seluruh jaringan yang dibangun di atas 4G VoLTE, atau menyuarakan evolusi jangka panjang, teknologi.

Kemitraan dengan Jio akan memungkinkan Zuckerberg untuk meningkatkan ekspansinya di negara yang dengan cepat merangkul pembayaran online dan e-commerce.

Apalagi semakin banyak orang menggunakan smartphone terutama karena Jio Infocomm dengan cepat pindah ke posisi dominasi dengan menawarkan paket gratis dan mengurangi pesaing pasar nirkabel. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply