Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, September 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Istilah Unik Buat Para Pecinta Buku. Kamu Termasuk yang Mana?

Ilustrasi. (dok. ETMel)

Topcareer.id – Membaca buku menjadi salah satu pilihan kegiatan positif saat banyak orang terperangkap di rumah karena wabah corona. Selama di rumah saja, sudah berapa buku kamu tamatkan?

Well, membaca merupakan jendela dunia. Dengan membaca kamu akan memiliki wawasan yang luas dan akan lebih mengenal beragam hal dan fakta menarik yang ada di seluruh dunia.

Dikutip dari laman Kidskonnect.com, Jumat (24/4/2020) ada beberapa fakta menarik tentang buku seperti buku Harry Potter karya J.K. Rowling merupakan novel seri terlaris sepanjang masa. Secara keseluruhan, ketujuh novel Harry Potter itu terjual sekitar 450 juta kopi di seluruh dunia.

Menurut Business Insider, Bill Gates pernah membeli buku paling mahal seharga USD 30,8 juta. Buku itu adalah Codex Leicester karya Leonardo da Vinci. Fakta unik lain, Petualangan Tom Sawyer karya Mark Twain (1876) dianggap sebagai buku pertama yang ditulis menggunakan mesin tik.

Baca juga: Hanya di Brazil, Narapidana Bebas Lebih Cepat dengan Baca Buku

Pada tahun 2010, dilaporkan sudah ada lebih dari 129 juta buku yang ada di dunia menurut Google. Wah bagaimana dengan tahun 2020 ini ya, pasti sudah semakin banyak jumlah buku yang ada.

Banyak buku, banyak wawasan. Seperti tema hari buku dunia tahun 2020 ini UNESCO menyebutkan tentang keajaiban buku yang sangat kita butuhkan. Bacalah buku, semakin banyak buku kamu baca, tak hanya wawasanmu bertambah luas, kamu pun tidak akan merasa kesepian.

Nah, sebagai pecinta buku, ada beberapa istilah yang terkait dengan buku. Mungkin istilah ini terdengar asing, namun bagi para pecinta buku yang doyan membaca apakah masih asing juga?

Berikut ini istilah-istilah beserta keterangannya:

Baca juga: Tak Perlu Ke Toko Buku, Baca Sepuasnya di Gramedia Digital

Literarian
Seseorang yang sangat mencintai sastra,sehingga dia ingin membaginya dengan orang lain sebanyak mungkin

Book-Bosomed
Adalah orang yang selalu membawa buku kemanapun ia pergi, akan selalu ada buku bersamanya

Bibliosmia
Orang yang sangat menyukai aroma buku, mulai dari buku-buku tua dengan aroma mirip vanila hingga buku baru

Bibliobibuli
Istilah ini digunakan untuk orang yang membaca buku terlalu banyak

Bibliophile
Istilah yang disebutkan untuk para pecinta buku

Bibliophagist
Seseorang yang sangat menikmati buku

Bibliophagist dan Bibliophile pada dasarnya sama-sama pecinta buku. Tetapi mereka suka buku-buku itu dengan alasan berbeda. Bibliophile lebih menyukai buku dalam hal estetika daripada konten. Di sisi lain seorang bibliophagist, mencintai dan memuja isi kata demi kata dalam buku.

Seorang Bibliophile lebih suka mengoleksi buku edisi terbatas, langka, dan menarik bentuk bukunya. Jika seseorang lebih suka membaca isi buku dan menyukai genre tertentu, maka lebih tepat disebut sebagai bibliophagist. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply