Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Waspada Corona, Ini Menu Ideal Buka Puasa Agar Sistem Imunitas Tubuh Terjaga

Ilustrasi. (dok. Pinterest)

Topcareer.id – Berpuasa di tengah pandemi virus corona maka sistem imunitas tubuh harus benar-benar terjaga agar berada dalam kondisi terbaiknya.

Buka puasa adalah saat kamu bisa mengisi kembali tingkat energi sehingga bisa tetap menjaga sistem imun. setiap upaya harus dilakukan untuk mengonsumsi makanan dari semua kelompok makanan penting yang baik untuk sistem imun tubuh.

Dikutip dari Nutrition.org.uk, buah dan sayuran, beras, serta daging dan protein termasuk susu baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Ketika berbuka puasa, tubuh perlu banyak asupan cairan, makanan rendah lemak, dan makanan yang mengandung beberapa kandungan gula alami untuk energi (hindari mengkonsumsi banyak makanan atau minuman dengan tambahan gula). Di bawah ini adalah beberapa contohnya:

Minuman
Air mineral, susu, jus buah atau smoothie. Air memberikan hidrasi tanpa tambahan kalori atau gula tambahan. Minuman berbahan dasar susu dan buah menyediakan gula dan nutrisi alami, ini juga baik untuk berbuka puasa tetapi hindari minum banyak minuman yang mengandung gula tambahan setelah berbuka puasa karena ini dapat memberikan terlalu banyak gula dan kalori.

Baca juga: Ini Menu Terbaik Saat Sahur di Tengah Pandemi Corona

Kurma
Buah yang secara tradisional dimakan untuk berbuka puasa sejak zaman Nabi Muhammad SAW ini adalah cara yang bagus untuk berbuka puasa karena mereka menyediakan gula alami untuk energi, menyediakan mineral seperti kalium, tembaga dan mangan dan merupakan sumber serat. Kamu juga bisa mencoba buah-buahan kering lainnya seperti aprikot, buah ara, kismis atau prem, yang juga menyediakan serat dan nutrisi.

Buah-buahan
Buah-buahan memberikan gula alami untuk energi, cairan dan beberapa vitamin serta mineral. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan, dengan kesehatan yang baik, otomatis sistem imun tubuh juga terjaga dengan baik.

Baca juga: Mengapa Makan Mie Instan saat Sahur Tak Dianjurkan?

Sup
Menu tradisional di banyak negara Arab ini adalah cara ringan untuk berbuka puasa dan memberikan cairan untuk tubuh. Sup tradisional menggunakan kaldu daging dan sering mengandung kacang-kacangan, ini menyediakan nutrisi dan energi bagi tubuh setelah berpuasa seharian.

Setelah berpuasa, wajar jika kamu ingin mengobati keinginan untuk makan pada dirimu, tetapi cobalah untuk menjaga jumlah asupan makanan berlemak dan manis tetap dalam jumlah kecil.

Ingatlah bahwa tubuh hanya memiliki waktu yang relatif singkat setiap hari untuk mengolah setiap makanan dan minuman untuk memberikan tubuhmu semua nutrisi penting dan cairan yang dibutuhkan agar menjadi sehat. Maka kualitas diet kamu sangat penting selama bulan Ramadhan. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply