Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mitos Berbahaya Soal Covid-19 dan Bantahannya yang Wajib Kamu Tahu

Ilustrasi. (dok. AFP)

Topcareer.id – Banyak mitos beredar ketika virus corona baru menyebar ke hampir di seluruh dunia. Salah satunya ada yang berbunyi “Apakah artinya saya tidak akan kena virus (corona) jika saya dapat menahan napas selama 10 detik tanpa rasa tidak nyaman atau batuk?”

Oreang kemudian melakukan tes mandiri, mencoba menahan napas selama 10 detik, tanpa batuk atau tidak nyaman, maka ia merasa tidak memiliki infeksi virus.

Faheem Younus, kepala penyakit menular di University of Maryland Upper Chesapeake Health, membantah mitos itu.

Baca juga: Olahraga ini Cocok Dilakukan Ibu dan Anak selama Pandemi Covid-19

“Sebagian besar pasien muda dengan virus corona akan mampu menahan napas selama lebih dari 10 detik. Dan banyak orang tua tanpa virus tidak akan mampu melakukannya,” katanya dalam Twitter pada akun @FaheemYounus.

Organisasi Kesehatan Dunia menunjukkan, cara terbaik untuk mengkonfirmasi apakah kamu memiliki virus yang menghasilkan penyakit Covid-19 adalah dengan tes laboratorium.

“Anda tidak dapat mengonfirmasinya dengan latihan pernapasan ini, yang bahkan bisa berbahaya,” menurut WHO.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) ada dua jenis tes yang tersedia: tes viral dan tes antibodi.  Tes viral memungkinkanmu untuk menentukan apakah kamu saat ini memiliki infeksi, sementara tes antibodi menunjukkan apakah kamu sebelumnya telah terinfeksi.

Akankah sinar matahari yang kuat melindungi saya dari Covid-19?

Baca lanjutannya di halaman berikutnya>>

Leave a Reply