Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

NASA dan ISS Beri Pelatihan Virtual untuk Anak-Anak Di Rumah

Sumber foto: telanganatoday.com

Topcareer.id – Siapa yang menyukai hal-hal tentang luar angkasa? Jika kamu salah satunya, masa lockdown akibat pandemi global virus corona bisa jadi waktu yang tepat untuk mendalaminya.

NASA dan International Space Station (ISS) juga siap membantu. Mereka telah mengembangkan berbagai program dan kegiatan petualangan untuk semua anak yang terjebak lockdown di rumah, termasuk program pelatihan untuk menjadi astronot di rumah, membangun hovercraft, meluncurkan roket, dan banyak lagi.

“Astronot melihat dunia dari luar angkasa dan ingin berbagi seluruh keindahannya,” jelas manajer pendidikan Lab Nasional ISS Dan Barstow.

Sekarang, anak-anak dapat mengikuti jejak mereka dengan kegiatan pendidikan gratis yang membekali orang tua untuk membantu siswa mengeksplorasi mata pelajaran sains.

Cakupannya luas. Dari ilmu kehidupan dan kesehatan manusia, hingga robotika, matematika, dan fisika. Lengkap dengan panduan khusus untuk taman kanak-kanak hingga usia 12 tahun.

Baca juga: NASA Miliki Tim Kerja yang Khusus Lindungi Bumi dari Alien

Melansir msn.com, Kamis (16/4/2020), Siswa dapat mengambil bagian dalam percobaan seperti yang dilakukan astronot di ISS dan membandingkan hasilnya dengan di luar angkasa.

Misalnya, mengamati gaya berat mikro menggunakan bahan sederhana untuk menunjukkan bagaimana astronot mengapung di ruang angkasa.

Anak-anak juga dapat berkontribusi pada sains yang sedang berlangsung dengan bergabung pada proyek sains warga, seperti menyisir gambar untuk mencari brown dwarf baru (objek astronomis yang memiliki massa di antara planet gas raksasa dengan bintang) dan planet-planet lain, menggunakan data satelit untuk membantu ahli biologi melacak populasi penguin, dan latihan komputer untuk menggunakannya seperti ilmuwan dalam misi ke Mars di masa depan.

Hingga 22 April, siswa bahkan dapat membantu SpaceX’s October cargo resupply mission, untuk memilih tanaman mana yang selanjutnya akan tumbuh di luar angkasa.

Siswa bisa bergabung dengan tim Alfalfa, Mungbean, atau Lentil, dan membantu para ilmuwan menentukan tanaman mana yang paling cocok untuk hidup di ISS.

Baca juga: Tips WFH yang Produktif dan Bahagia ala Astronot NASA

Ketika menciptakan kegiatan ini, Lab dan mitra ISS National ingin menginspirasi harapan pada kaum muda selama masa-masa sulit ini, dengan mengatakan:

“Kami tahu banyak siswa belajar di rumah saat ini, dan kegiatan langsung sangat penting untuk membuat siswa tetap terlibat dan belajar. Kita jalani ini bersama-sama.”

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply