Topcareer.id – Warna dari logo brand merupakan salah satu elemen desain terpenting, karena itu adalah representasi visual perusahaan dan nilai-nilainya. Ada banyak keputusan yang harus diambil saat membuatnya, dan salah satu yang terbesar adalah warna.
Ini mungkin tampaknya menjadi elemen yang sepele, tetapi warna utama dari masing-masing logo brand terkenal memiliki dampak serius pada bagaimana orang melihatnya.
Penelitian menunjukkan bahwa orang membuat penilaian bawah sadar tentang seseorang, lingkungan, atau produk dalam waktu 90 detik dari tampilan awal. Antara 62% dan 90% penilaian itu hanya berdasarkan warna.
Baca Juga: Jangan Anggap Remeh Logo Sebuah Brand, Ini Alasannya
Dikutip dari webfx.com, Senin (4/5/2020) Berikut ini makna beragam warna yang digunakan oleh logo brand ternama di dunia.
Merah – Kuat dan Bergairah: Percaya Diri – Energi – Intensitas
Warna merah menarik perhatian dan membangkitkan emosi yang kuat dari orang yang melihatnya. Secara universal dipandang sebagai perwakilan dari romansa. Ini juga menyebabkan peningkatan denyut jantung dan nafsu makan, serta rasa urgensi. Logo merah menunjukkan kuat dan berenergi tinggi suatu brand. Jika perusahaan berupa restoran, merah adalah pilihan bijak.
Warna merah Telah terbukti meningkatkan nafsu makan. Kemampuannya untuk meningkatkan detak jantung juga baik untuk brand yang berusaha menciptakan urgensi untuk barang-barang yang biasanya dibeli secara impulsif. Contoh brand terkenal yang menggunakan warna merah: Majalah TIME, Pinterest, Lego, Netflix, Kellogg’s cereal, KMart, Coca Cola, McDonald’s.
Oranye – Playful dan Antusias: Kegembiraan – Kehangatan – Kreativitas
Warna ini bisa mengaktifkan aktivitas otak dan agresif karena sifatnya yang eye-catching. Kombinasi keramahan dan stimulasi mental ini membuatnya hebat untuk menginspirasi konsumen untuk mengambil tindakan.
Logo berwarna oranye akan mengirim pesan bahwa perusahaan ramah dan ceria. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk brand yang ingin dilihat sebagai orang yang berhati ringan dan tidak terlalu serius, namun tetap percaya diri. Contoh brand terkenal yang menggunakan warna oranye: Amazon, Minuman soda Crush Orange, Fanta, Gulf Oil, Nickelodeon, toko sepatu Payless, Timberland, Harley Davidson, Mozilla Firefox.