Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, January 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lakukan Kebiasaan Ini untuk Bisa Tidur Nyenyak Selama Pandemi Covid-19

Ilustrasi (dok. Harvard Health)

Topcareer.id – Pandemi virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19 mengubah cara hidup dan kebiasaan kita dalam banyak hal, termasuk jadwal tidur.

Mendapat jumlah waktu tidur yang tepat selama karantina sangat penting. Namun, nyatanya beberapa dari kita malah sulit tidur selama pandemi karena banyak sebab. Bagi kamu yang masih sulit tidur dan mencoba memperbaiki jadwal tidur selama pandemic, coba adopsi beberapa kebiasaan berikut ini seperti dalam laman The Ladders.

1.Bangunlah pada waktu yang sama setiap hari

Meskipun tidak ada jam ajaib untuk bangun, penting bagimu untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari dan bangun di sisi sebelumnya. Tidur sepanjang hari tidak memungkinkan produktivitas dan membuang siklus tidur tubuh.

Menyetel alarm untuk waktu yang sama setiap hari akan membuatmu pada jadwal tidur yang ditetapkan dan juga membantu menormalkan hari-harimu.

Baca juga: Susah Tidur Karena Cemas Corona? Ini Posisi yang Baik Agar Nyenyak

2.Tidak tidur siang

Tidur siang dapat memengaruhi ritme sirkadianmu (ritme jam biologis tubuh manusia). Cobalah untuk menghindari tidur siang, kecuali untuk hal-hal tertentu. Misalnya, jika kamu kurang tidur malam sebelumnya, maka tidur siang mungkin diperlukan.

Cobalah untuk tidak tidur terlalu lama dengan membatasi tidur siangmu 20 hingga 30 menit. Ini dapat membantu fungsi kognitif dan membuatmu tidak merasa lelah, mengutip The Conversation.

3. Olahraga

Tidak hanya keharusan untuk menjaga kesehatan fisik, tetapi olahraga juga membantu tidur lebih baik. Melelahkan tubuh melalui latihan membantu tubuh tetap rileks dan membutuhkan lebih banyak tidur untuk pulih. Pastikan kamu meluangkan waktu untuk bergerak, ini penting untuk jadwal tidurmu.

Baca juga: Hati-hati! Kurang dan Kelebihan Tidur Bisa Sebabkan Kematian Dini

4. Buat rutinitas pagi dan malam

Membedakan pekerjaan dan keadaan di rumah yang menciptakan rutinitas harian untuk diri sendiri dapat membantumu menjadi lebih produktif dan tidak terlalu stres. Ini juga menciptakan rasa normal, yang membantu mengurangi beberapa kecemasan atau stres.

5. Santai satu jam sebelum tidur

Melakukan sesuatu yang menenangkan sejam sebelum tidur dapat membantumu rileks. Beberapa kegiatan yang biasa dilakukan adalah membaca, bermeditasi atau minum teh. Cobalah untuk mengurangi waktu memandangi layar smartphone kamu.

Habiskan malam bersama keluarga atau meringkuk dengan hewan peliharaan mendengarkan musik. Apapun yang membantumu merasa tenang, cobalah untuk melakukannya sebelum tidur. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply