Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, June 2, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

New Normal, Pramugari Tak Dibolehkan Lagi Lakukan Ini Meski Pandemi Usai

Ilustrasi (Dok. Wikipedia)

Topcareer.id – Pandemi virus corona yang masih berlangsung dan rasa takut akan dunia luar masih melekat bagi setiap orang saat ini. Pandemi juga mengubah cara kita melakukan penerbangan, termasuk apa yang diizinkan bagi pramugari saat berada di pesawat.

Terbang, baik domestik maupun internasional, tidak akan pernah terlihat sama seperti sebelum pandemi Covid-19. Pramugari ada di garis depan di udara dan harus mematuhi seperangkat aturan baru. Dilansir dari laman Reader’s Digest, berikut yang tak akan dilakukan lagi oleh pramugari saat terbang setelah Covid-19.

1. Tuangkan minuman

Jika kamu nanti hendak terbang, pastikan untuk mengisi botol air yang dapat digunakan kembali sebelum naik pesawat karena pramugari tidak akan lagi menyerahkan gelas plastik setengah penuh berisi bir untuk mengurangi interaksi antara pelayan penerbangan dan tamu.

Baca juga: IATA Menentang Penghapusan Kursi Tengah di Pesawat

2. Sajikan makanan ringan

Ingat juga, untuk mengemas beberapa makanan ringan yang sehat dalam tasmu atau mampir di kios koran bandara untuk membeli permen sebelum naik ke pesawat. American Airlines, misalnya, baru-baru ini mengumumkan telah menghilangkan layanan sajian makanan dalam penerbangan untuk penerbangan domestik di bawah empat setengah jam.

Sebagai gantinya, maskapai ini sekarang menawarkan pretzel gratis, biscoff cookies atau keripik, dan air kemasan sebelum naik.

3. Periksa kebersihan kursi pesawat

Pergantian dan pembersihan pesawat adalah proses yang umumnya cepat untuk memungkinkan pesawat kembali ke mengudara agar tepat waktu. Usai pandemic, pramugari tidak akan diizinkan untuk berasumsi kursi yang bersih dan aman untuk penumpang berikutnya. Harapannya hanya pembersihan pesawat yang akan memakan waktu lebih lama dan lebih banyak dilibatkan begitu perjalanan reguler dilanjutkan.

Baca juga: Miris, Boeing Catat Pembatalan Pesanan 150 Pesawat Saat Pandemi

4. Asumsikan kesehatan penumpang

Hanya karena calon penumpang hadir, bersuara, dan mengatakan bahwa mereka sehat, pramugari tidak akan diizinkan untuk menganggap penumpang benar-benar sehat. Frontier Airlines baru-baru ini mengumumkan bahwa mulai 1 Juli akan menyaring semua penumpang melalui termometer tanpa sentuhan di gerbang sebelum naik.

5. Kenakan seragam mereka tanpa APD (alat pelindung diri)

Sebagai salah satu langkah untuk melindungi krunya, pramugari maskapai Emirates sekarang diharuskan memakai alat pelindung diri (APD) beserta seragamnya. Selain topeng dan sarung tangan, itu termasuk baju sekali pakai dan pelindung keselamatan.

6. Izinkan penumpang untuk duduk di kursi tengah

Tidak dapat disangkal bahwa kursi yang paling tidak diinginkan di atas pesawat, tetapi berkat virus corona dan praktik jarak sosial, hampir semua maskapai penerbangan menghalangi kursi tengah untuk memberikan jarak yang lebih aman antara setiap penumpang saat dalam penerbangan. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply