Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, May 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Solar Impulse 2, Pesawat Tanpa Bahan Bakar yang Mampu Terbang Selamanya

Sumber foto: popularmechanics.com

Topcareer.id – Solar Impulse 2 membuat sejarah dengan menyelesaikan penerbangan putaran dunia pertama dengan pesawat bertenaga surya.

Pesawat yang memiliki lebar sayap lebih lebar dari Boeing 747 dan membawa lebih dari 17.000 sel surya di sayapnya ini, menghabiskan lebih dari 23 hari di udara.

Tercatat, pada Maret 2015 lalu, tepatnya di Abu Dhabi, Solar Impulse 2 melakukan navigasi keliling dengan melintasi Samudera Pasifik dan Atlantik tanpa menggunakan bahan bakar fosil.

“Ini adalah momen yang sangat, sangat istimewa, sudah 15 tahun saya mengerjakan tujuan ini.” ucap pilot pesawat Bertrand Piccard, kala itu.

“Saya berharap orang akan mengerti bahwa ini bukan hanya yang pertama dalam sejarah penerbangan, tetapi juga yang pertama dalam sejarah energi,” katanya seperti dikutip dari Guardian.

Baca juga: Miris, Boeing Catat Pembatalan Pesanan 150 Pesawat Saat Pandemi

Semua teknologi bersih yang digunakan, bisa dipakai di mana saja. Pesawat tersebut berhasil melakukan uji terbangnya sejauh 40.000 km dengan menggunakan tenaga surya.

Pada siang hari, solar cell akan mengisi baterai pesawat, yang merupakan seperempat dari berat 2,3 ton pesawat. Pilot juga terbang naik ke 29.000 kaki di siang hari dan meluncur merendah sekitar 5.000 kaki di malam hari, untuk menghemat daya.

Pesawat ini terbang dengan kecepatan sekitar 50 Km/jam, meskipun bisa lebih cepat jika matahari cerah.

Sejatinya, pesawat ini bisa terbang hampir selamanya, namun tidak dengan pilotnya, karena kondisi yang melelahkan di atas pesawat.

Baca juga: Mengenal Wing Flaps, dan Fungsinya untuk Pesawat

Untuk menerbangkan Solar Impulse 2, Bertrand bergantian dengan André Borschberg, dan menghabiskan waktu hingga lima hari di kabin yang tidak dipanaskan dan tidak bertekanan. Mereka hanya tidur siang singkat dengan kursi tunggal yang berfungsi ganda sebagai toilet.

Borschberg, tercatat melakukan penerbangan sejauh 6.400 Km melintasi Pasifik dari Jepang ke Hawaii. Pesawat ini memecahkan rekor untuk perjalanan tak terputus terpanjang dalam sejarah penerbangan.

Piccard dan Borschberg, yang keduanya dari Swiss, adalah petualang berpengalaman.

Piccard melakukan penerbangan balon udara tanpa henti pertama di seluruh dunia pada tahun 1999, sementara Borschberg, adalah mantan pilot pesawat tempur Swiss Air Force.

Tujuan dari petualangan pesawat Solar Impulse 2 bukan untuk sekadar memamerkan pesawat bertenaga surya untuk penggunaan luas, tetapi juga untuk menunjukkan kemampuan energi terbaru yang berguna bagi masa depan penerbangan.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply