Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Makanan Jenis Ini Bisa Menguras Fokus Kerja di Rumah

Ilustrasi. (dok. AdobeStock)

Topcareer.id – Makanan apa yang bisa mengganggu fokus kerja selama work from home (WFH)?

Makanan tinggi lemak jenuh dengan mentega atau daging mungkin terasa menenangkan selama masa-masa penuh tekanan ini, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa itu dapat membakar semua fokus hingga sore hari.

Kita tahu makan makanan tinggi lemak jenuh sudah terbukti mengganggu pemikiran. Tetapi penelitian baru dari The American Journal of Clinical Nutrition menemukan satu makanan berlemak akan merusak konsentrasi dan memperlambat waktu reaksi.

Jadi kita mungkin membuat bekerja dari rumah lebih sulit untuk berkonsentrasi jika kita makan dengan makanan yang buruk. Pola makan dan pikiran saling terkait.

Baca juga: Makanan Ini Wajib Dikonsumsi Pasien Covid-19

“Percobaan crossover acak double-blind ini menunjukkan bahwa satu makan tinggi lemak jenuh dapat menghambat perhatian (fokus),” kata para peneliti dalam perbandingan peserta perempuan, dikutip dari laman The Ladders.

Inilah yang terjadi untuk sekali makan dengan banyak lemak. Dua kelompok wanita berpartisipasi. Satu kelompok mendapat makanan dengan minyak bunga matahari oleic (lemak tak jenuh tunggal) dan yang lainnya dengan makanan yang sama tetapi dengan lemak jenuh tinggi.

Ketika dilakukan tes komputer, kelompok makanan berlemak jenuh tinggi memiliki waktu lebih sulit menemukan target dan menekan spasi pada keyboard pada perintah daripada kelompok lain. Mereka melambat.

Baca juga: Mengurangi Makanan Manis Bisa Perkecil Risiko Terkena Corona

“Beberapa bukti menunjukkan bahwa, ketika kelebihan lemak jenuh berinteraksi dengan hipotalamus, mikroglia mengatur respons peradangan,” kata penelitian itu.

Temuan perlu ditunjukkan dalam populasi yang lebih besar untuk diterapkan secara luas untuk sampel yang lebih beragam demi memastikan generalisasi karena peserta dalam penelitian ini semuanya perempuan dan sebagian besar berkulit putih, catat studi tersebut.

Tetapi intinya membuktikan asupan lemak jenuh mungkin tidak baik untuk bisa merespons dengan cepat saat melakukan tugas di tempat kerja.

Alternatif makanan berlemak dari American Heart Association:

– Buah-buahan, sayuran,

– Biji-bijian utuh,

– Produk susu rendah lemak,

– Unggas, ikan dan kacang-kacangan,

– Hanya makan sedikit daging merah, juga makanan dan minuman manis, mungkin tidak lebih dari sekali seminggu.

Dengan sedikit perencanaan makanan, maka kamu bisa membuat dirimu tetap fokus selama bekerja, tidak lamban, hingga sore hari. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply