Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, September 25, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Pos Pengeluaran Wajib Saat Hari Raya Idul Fitri yang Bisa Kamu Persiapkan

Ilustrasi. (dok. Alarabiya)

Topcareer.id – Lebaran sehari lagi. Mungkin sudah banayk yang mendapat THR. Di tengah pandemi global virus corona pemerintah tetap menginstruksikan perusahaan untuk tetap membayarkan hak THR pekerjanya.

Wabah corona telah memaksa beberapa perusahaan membayar THR karyawannya dengan mencicil atas ijin dari pemerintah. Bagi kamu yang menerima THR dari perusahaan dengan cara dicicil, kamu tetap harus mengelola sebaik mungkin.

Rencanakan anggaran terbaik menjelang hari raya idul fitri. Jangan sampai uang kamu habis tidak teralokasikan sebagaimana mestinya.

Berikut ini 5 pos keuangan wajib menjelang lebaran yang bisa kamu cantumkan dalam anggaranmu:

Baca juga: Bahaya di Balik Konsumsi Makanan Bersantan saat Lebaran

Pengeluaran Zakat, Infaq dan Sedekah
Hal yang tidak boleh dilupakan adalah mempersiapkan dana untuk zakat atau infaq yang akan diberikan kepada yang membutuhkan. Karena zakat sifatnya wajib jadi jangan sampai pos penting ini terlupakan. Selain zakat, bisa juga menyisipkan dana untuk infaq dan sedekah.

Pengeluaran THR
Kamu jangan melupakan THR untuk para orang yang membantu di rumah. Seperti Asisten Rumah Tangga (ART), security, driver hingga yang tukang kebun atau pun tukang sampah. Siapkan THR untuk mereka sebulan sebelum hari raya idul fitri. Sehingga kamu bisa memberikan THR sekitar 10 hari sebelum hari raya idul fitri tiba, sebelum mereka cuti bekerja atau pulang ke kampung halamannya.

Baca juga: Tips Menangani Pekerjaan saat Libur Lebaran

Pengeluaran mudik
Ini yang paling ditunggu, tradisi pulang kampung. Namun saat ini sejak pemberlakuan peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB, membuat semua orang tidak bisa mudik. Namun bukan berarti kamu tidak jadi mempersiapkan pos pengeluaran ini, kamu bisa gunakan untuk dikirimkan kepada orangtua atau saudara di kampung halaman kamu yang membutuhkan.

Pengeluaran bingkisan lebaran
Sudah tradisi setiap pwerayaan Idul Fitri antar keluarga akan saling memberi bingkisan. Bisa ke tetangga maupun saudara dan kerabat. Dengan adanya aturan PSBB dan larangan untuk bepergian saat hari raya, tidak ada salahnya kamu mempersiapkan pengeluaran untuk biaya pengiriman juga selain biaya pembelian bingkisan.

Pengeluaran salam tempel
Memberi salam tempel saat hari raya idul fitri sudah menjadi tradisi di Indonesia. Biasanya yang sudah bekerja memberi kepada keponakan-keponakannya atau saudara yang belum bekerja. Di tengah pandemi virus corona seperti sekarang mungkin kamu tidak perlu mempersiapkan terlalu banyak anggaran untuk salam tempel karena aturan larangan bepergian dan melakukan pertemuan.

Persiapkan saja secukupnya untuk kamu bagikan kepada anak-anak di daerah rumah kamu. Biasanya anak yang masih kecil akan sangat senang walaupun diberi uang dengan jumlah kecil. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply