Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 28, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Bos Streaming Disney Pindah Jadi CEO di TikTok

Kevin Mayer. (dok. Digiday)

Topcareer.id – Kevin Mayer, eksekutif yang memimpin layanan streaming Disney, meninggalkan perusahaan untuk menjadi CEO di TikTok. Mayer akan menjadi CEO aplikasi video pendek serta chief operating officer ByteDance, perusahaan induk TikTok.

Mayer merupakan ketua unit direct-to-consumer Disney sejak didirikan pada tahun 2018. Popularitas TikTok melonjak selama pandemi virus corona karena banyak orang di seluruh dunia terus tinggal di rumah dan mencari cara baru untuk mengisi waktu mereka.

Di bawah kepemimpinan Mayer, Disney mengalihkan fokus bisnisnya dari film dan televisi ke dunia streaming. Langkah ini menyebabkan Disney+ menghasilkan lebih dari 50 juta pelanggan dalam hitungan bulan.

Baca juga: Efek Pandemi, Analis Perkirakan Disney Kehilangan USD1 Miliar Tiap Bulan

Kepergian Mayer adalah hal yang mengejutkan, tetapi terjadi setelah ia tidak dipilih untuk menggantikan Bob Iger sebagai CEO Disney awal tahun ini. Pekerjaan itu akhirnya jatuh ke Bob Chapek, yang menjabat sebagai ketua Disney Parks, Experiences and Products.

“Saya sangat bangga dengan apa yang telah dicapai tim Direct-to-Consumer dan Internasional kami yang sangat berbakat dalam menciptakan dan memberikan portofolio layanan streaming kelas dunia, terutama Disney+,” kata Mayer dalam sebuah pernyataan, Senin (18/5/2020).

Baca juga: Berkah Corona, Layanan Streaming Disney+ Raih 50 Juta Pelanggan

TikTok diunduh 315 juta kali dari Januari hingga Maret, menurut perusahaan analisis Sensor Tower, melampaui aplikasi lain yang pernah ada selama satu kuartal. TikTok sekarang memiliki 2 miliar unduhan, totalnya dua kali lipat dari hanya 15 bulan yang lalu.

TikTok adalah satu-satunya jaringan media sosial yang dimiliki oleh perusahaan China yang lepas landas secara signifikan di luar China. Namun, ia menghadapi persaingan ketat dari para pemain mapan, termasuk Facebook (FB) dan anak perusahaannya Instagram, serta YouTube.

Meskipun aplikasi ini telah lama sangat populer di kalangan remaja (Gen Z), baru-baru ini terlihat gelombang minat dari milenial dan generasi X.

Baca juga: Mengapa TikTok Begitu Populer?

Disney mengumumkan bahwa Rebecca Campbell akan menggantikan Mayer sebagai kepala baru divisi streaming Disney. Campbell baru-baru ini menjabat sebagai presiden perusahaan Disneyland Resort di California.

Disney juga menunjuk Josh D’Amaro sebagai ketua baru unit taman, pengalaman dan produk Disney – tempat yang ditinggalkan kosong oleh Chapek.

Berita kepergian Mayer datang saat Disney mengalami tahun yang sulit karena pandemi virus corona telah menghantam hampir setiap bagian bisnisnya: taman dan resornya telah tutup di seluruh dunia, film-film besar ditunda, dan salah satu jaringan media terbesarnya, ESPN, berjuang untuk mengisi waktu tayang karena kurangnya event olahraga. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply