Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, September 30, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Pakai Bahan Buatan Sendiri, Ini 3 Cara Praktis Usir Semut di Rumah

Ilustrasi. (dok. The Verge)

Topcareer.id – Ada gula, ada semut. Namun, nyatanya semut tak hanya menggemari gula. Semua jenis makanan jadi sasaran semut.

Binatang kecil yang suka bergerombol dan berbarus rapi ini nampaknya sudah terdomestikasi. Ditandai dengan semakin betahnya mereka berkutat di dalam rumah, bergantung pada makanan yang disediakan penghuninya.

Alhasil, rumah tempat tinggal tidak lagi nyaman ditempati. Sedikit saja teledor menaruh makanan atau minuman, semut-semut langsung menyerbu.

Tidak perlu repot membeli pestisida beracun untuk mengusirnya. Cukup cari tiga jenis bahan-bahan yang biasa terdapat di rumah berikut ini:

Baca juga: Makan Sehat Demi Umur Panjang, Konsumsi Super Food Ini

Minyak esensial sitrus
Minyak yang terbuat dari jeruk atau lemon merupakan racun alami untuk mengusir semut yang tidak akan mengganggu ekosistem. Cukup campur setengah cangkir minyak esensial sitrus, 1 sendok makan molases (sari tetes tebu), 1 sendok makan sabun cuci piring, dan satu galon air. Semprotkan campuran di sekitar tempat bersarang semut, seperti pot tanaman yang ada di luar maupun di dalam rumah.

Jika tidak punya minyak esensial sitrus, kamu bisa membuatnya sendiri dengan merebus lima atau enam buah jeruk dalam air mendidih selama 15 menit atau sampai jeruk menjadi lunak. Masukkan jeruk dan juga air rebusan ke dalam blender, haluskan. Ambil saripatinya.

Sabun
Alih-alih membeli sabun khusus untuk membasmi serangga, mengapa tidak membuatnya sendiri dengan menggunakan sabun cuci piring biasa? Masukkan satu sendok teh sabun cuci piring ke dalam air hangat, aduk rata. Semprotkan air sabun tepat ke tanaman atau kebun yang diduga menjadi sarang semut. Karena semut tidak menyukai aroma peppermint, kamu bisa memilih sabun cuci piring dengan kandungan yang tidak disukai semut ini.

Baca juga: Apa Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Olahraga?

Boraks
Buat pestisida dengan bahan utama boraks yang ditakuti semut. Tambahkan 1/2 sendok teh boraks ke dalam 1/2 sendok teh campuran madu dan gula pengganti. Masukkan campuran ke dalam tabung terbuka dan letakkan di area yang sedang diserang semut. Ini akan menjadi pemancing bagi semut untuk datang, masuk, dan terjebak atau pergi membawa racun boraks kepada koloninya. * Dari berbagai sumber

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply