Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Atasi Gugup Saat Wawancara Kerja Via Telepon

Ilustrasi Smartphone (pixabay)

Topcareer.id – Wawancara kerja via telepon bisa sama menakutkannya dengan pertemuan tatap muka. Kamu tidak dapat melihat bahasa tubuh atau ekspresi wajah pewawancara yang membuatnya lebih sulit untuk membangun hubungan dan mengukur penerimaan.

Pandemi global virus corona telah memaksa banyak perusahaan menerapkan perekrutan dengan wawancara via telepon. Ini tentu bertujuan mendukung gerakan menjaga jarak sosial. Namun di sisi lain, kandidat mengalami kurangnya komunikasi nonverbal yang dapat menyebabkan gangguan atau keheningan yang canggung dalam melangsungkan phone interview.

Dikutip dari laman Jobscan.co, Jumat (29/5/2020), di bawah ini, ada beberapa saran untuk persiapan dan tips untuk wawancara kerja via telepon.

Baca juga: Cara Singkirkan Gelisah saat Wawancara Kerja (Bagian 1) dan Cara Singkirkan Gelisah saat Wawancara Kerja (Bagian 2)

Jadikan postur tubuh yang baik sebagai kebiasaan
Di telepon, pewawancara tidak akan dapat melihat postur tubuh kamu, tetapi mereka akan merasakannya melalui suaramu. Selain itu, postur yang baik membantumu bernafas lebih baik, membuat merasa lebih tenang dan terdengar percaya diri.

Luangkan satu atau dua menit setiap hari sambil mencari pekerjaan untuk berlatih postur yang baik.

Buat “Story & Answer Bank”
Beberapa perusahaan memberikan pertanyaan wawancara terlebih dahulu sehingga para kandidat dapat menyiapkan jawaban. Kamu bisa luangkan waktu untuk memikirkan jawaban terlebih dahulu.

Selain itu, buatlah sekitar setengah lusin cerita dari pekerjaanmu di masa lalu yang menggambarkan hal-hal baik seperti mengatasi tantangan, inovasi dan kreativitas, resolusi konflik, dll.

Baca juga: Busana Ini Akan Buat Kamu Gagal Saat Wawancara Kerja Lewat Video

Berlatih dengan serius
Mulailah berlatih dalam memperkenalkan diri via telepon, ceritakan beberapa kisah positif namun tidak berlebihan, dan jawab beberapa contoh pertanyaan dengan lantang.

Jika kamu merasa aneh berbicara kepada diri sendiri, coba cari teman yang bersedia membantu.

Atur penampilan dan background
Pada hari wawancara via telepon, cobalah untuk menciptakan suasana yang bisa membantu kamu. Mislanya, berpakaian seperti yang biasa kamu lakukan untuk wawancara langsung. Jika memungkinkan, temukan ruang pribadi yang nyaman bagi kamu untuk wawancara di mana kamu bisa berdiri tegak dan leluasa. Ini akan membantumu dengan postur dan pernapasan yang baik.

Menggunakan wireles headset juga akan meningkatkan postur tubuhmu dan memungkinkan kamu menggunakan tangan sebagai gesture yang akan membantu membuat kata-kata lebih mudah mengalir. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply