Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, July 4, 2020
redaksi@topcareer.id
Sosok

CEO AMD Lisa Su, Perempuan Bergaji Tertinggi di Dunia

Lisa Su, Presiden dan CEO AMD. (dok. Overlookingid)

Topcareer.id – Lisa Su dari Advanced Micro Devices (AMD) adalah CEO perusahaan dengan bayaran tertinggi di S&P 500 tahun lalu. Dia perempuan pertama yang menduduki peringkat teratas dalam tinjauan tahunan, yang disusun oleh Associated Press dan firma analisis kompensasi eksekutif, Equilar, sejak dimulai pada 2011.

Dikutip dari CNN, paket bayaran 2019-nya bernilai USD58,5 juta atau sekitar Rp 830 miliar lebih setelah kinerja yang kuat untuk saham perusahaan selama lima tahun sebagai CEO.

 Studi yang dirilis minggu lalu itu, memeriksa kompensasi bagi CEO perusahaan S&P 500 (SPX) yang telah menjalankan peran mereka setidaknya selama dua tahun pada akhir 2019.

Baca juga: Setelah 138 Tahun, Bank of Japan Kini Punya Direktur Perempuan

Karena penelitian ini mengamati paket kompensasi dari tahun 2019, hasilnya tidak mencerminkan dampak pandemi virus corona, yang telah mendorong banyak eksekutif untuk melupakan sebagian atau semua kompensasi mereka.

Kompensasi Su naik tajam dari tahun sebelumnya – ia menghasilkan USD13,4 juta pada tahun 2018 – sebagian besar berkat penghargaan saham berbasis kinerja satu kali. Pada tahun 2019, ia mendapatkan gaji pokok USD1 juta dan bonus berbasis kinerja USD1,2 juta.

Setelah mengambil kendali di AMD pada tahun 2014, Su mengambil sebuah perusahaan di ambang kehancuran finansial dan mengubahnya menjadi pemain berkinerja terbaik di S&P 500 dan pesaing yang tangguh untuk Intel.

Baca juga: Usai Pandemi, Perusahaan Bisa Lebih Adil pada Pekerja Perempuan

Perusahaan semikonduktor sekarang menciptakan teknologi untuk mendukung komputasi awan dan komputer game. Selama 2019 saja, stok AMD tumbuh 156%.

Su adalah salah satu dari segelintir perempuan yang memimpin perusahaan teknologi besar dan satu dari 20 wanita yang membuat daftar Equilar, yang menampilkan total 329 eksekutif.

Studi ini menunjukkan kompensasi rata-rata untuk eksekutif perempuan adalah $ 13,9 juta, dibandingkan dengan USD12,3 juta untuk eksekutif pria, meskipun ada jauh lebih sedikit perempuan daripada laki-laki dalam daftar.

Secara lebih luas, penelitian ini menemukan bahwa kompensasi rata-rata untuk semua eksekutif yang disurvei mencapai USD12,3 juta, naik 4,1% dari 2018, meskipun tingkat pertumbuhan lebih lambat dari dua tahun sebelumnya.

Baca juga: Survei: Saat Pandemi Perempuan Miliki Jam Kerja Lebih Banyak

“Perempuan membuat kemajuan bertahap dalam mencapai posisi kepemimpinan di C-suite,” kata Lorraine Hariton, presiden dan CEO Catalyst, sebuah organisasi nirlaba yang berfokus pada wanita di tempat kerja, dikutip dari Business Insider.

“Namun, faktanya tetap bahwa CEO perempuan masih mewakili sebagian kecil dari kepemimpinan perusahaan, dan perempuan berwarna tidak terwakili sama sekali.” *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply