Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Lindungi Jantung dengan Teh, Apel, dan Cokelat

Ilustrasi. (dok. Harvard Health)

Topcareer.id – Jadikan teh, cokelat, dan apel sebagai pelindung bagi jantung kamu. Sebuah studi dari Belanda yang dimuat dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan, orang yang banyak mengonsumsi zat catechin–yang terdapat dalam teh, cokelat, dan apel–lebih kecil kemungkinan terkena serangan jantung.

Serangan pada alat vital ini terjadi karena pembuluh arteri menyempit sehingga jumlah darah dan oksigen yang menuju ke jantung berkurang. Catechin adalah bagian dari sekelompok zat yang disebut flavonoid yang juga bisa bermanfaat menekan risiko terjadinya penyakit paru-paru dan kanker jenis tertentu. Flavonoid adalah antioksidan, komponen komponen ampuh untuk menetralisasi aktivitas radikal bebas yang merusak organ tubuh sehingga menimbulkan penyakit.

Baca juga: Dari Anemia hingga Stroke dan Jantung, Ini Khasiat Kurma Redakan Penyakit

Di dalam teh, catechin termasuk komponen yang utama, sementara kandungannya dalam teh hijau kering dan teh hitam yang masing-masing hanya 30 persen dan 9 persen dari bobot kering.

Studi yang dilakukan lembaga ksehatan masyarakat dan lingkungan nasional di Bilthoven, Belanda, itu melibatkan 806 orang. Mereka mengonsumsi catechin sebanyak 72 gram, yang setara dengan empat apel sehari atau dua cangkir teh dengan sepotong kecil cokelat.

Riset menyimpulkan, konsumsi catechin yang banyak bisa membantu mengurangi risiko meninggal akibat serangan jantung. Meski begitu, tim peneliti ini belum bisa mengungkapkan secara persis mekanisme kerja catechin dalam melindungi jantung.

Mereka menduga catechin mampu mencegah “kolesterol jahat” (LDL) dengan cara mendaur ulang antioksidan atau dengan mengurangi peradangan yang berhubungan dengan penyakit jantung. *

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply