Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, September 24, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Pandemi Covid-19, Olahraga Daring Mulai jadi Pilihan

Sumber foto: Okezone.com

Topcareer.id – Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh dunia memaksa kita untuk melakukan adaptasi ke hampir semua hal.

Kemajuan teknologi yang cukup pesat pun pada akhirnya kita manfaatkan sebagai salah satu jalan keluar, termasuk di bidang olahraga.

Bagi yang terbiasa melakukan olahraga sendiri di dalam ruangan, mungkin tak terlalu ada banyak perubahan. Namun bagaimana dengan yang terbiasa melakukan kegiatan olah raga di luar rumah, bisakah teknologi menggantikannya?

Pada Minggu (7/6/2020) kemarin, dalam acara bincang-bincang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dilakukan secara virtual, beberapa penggiat olahraga mengungkapkan beberapa perubahan yang mereka rasakan sejak adanya pandemi.

Pendiri Komunitas Yoga, Gembira Yudhi Widyantoro misalnya. Ia sedikit kehilangan rasa kebersamaan yang didapatnya saat melakukan yoga bersama komunitasnya.

“Sebelum masa pandemi, di Taman Suropati minggu pagi, ada minimal 100 orang yang melakukan kegiatan Yoga,” ujar Yudhi di Media Center GTPPC19, Minggu (7/6/2020).

Kini, masing-masing dari mereka harus melakukan yoga sendiri. Untungnya mereka masih bisa terhubung secara virtual.

Baca juga: Di Rumah Saja? Jenis Olahraga Ini Baik untuk Kekuatan Otak

Hampir sama dengan Yudhi, pesepeda Azrul Ananda juga kini mulai memanfaatkan teknologi untuk melakukan kegiatannya. Caranya dengan memakai sepeda statis, yang didukung oleh bantuan virtual, sehingga mata masih bisa sedikit termanjakan oleh pemandangan ketika melakukannya.

Azrul menambahkan, jika tetap ingin bersepeda keluar, sangatlah penting untuk mengetahui dan menghormati etika bersepeda. Contohnya menggunakan helm, memakai pelindung buff, dan menjalankan formasi bersepeda yang aman.

“Ayo olahraga dengan masker saling menjaga. Jangan langsung olahraga, disesuaikan dengan kemampuannya,” ujar Azrul.

Baca juga: Olahraga 150 Menit Seminggu Bantu Turunkan Depresi

Terakhir, ada pelari Melanie Putria yang juga mengaku rindu dengan aktivitas lari bersama sahabat dan komunitasnya.

Melanie menceritakan, olahraga secara daring kini mulai jadi pilihan para pelari. Beberapa di antaranya melakukan treadmill, diiringi oleh virtual berupa visualisasi lokasi atau jalan, sehingga terasa seperti sedang di luar ruangan.

“Ada juga yang melakukan lari secara virtual. Dia merekam jalanan di Menteng, lalu dijadikan video sambil dia berlari menggunakan treadmill sehingga seolah-olah sedang berlari di sana,” tutur Melanie.

Baca juga: Jangan Olahraga Sambil Konsumsi Minuman Berenergi

Nah, bagaimana dengan kamu? Apapun olahraga yang kamu pilih, usahakan untuk selalu mengedepankan protokol kesehatan, agar tubuh kamu tetap sehat, dan turut membantu pemerintah memutus rantai penyebaran virus corona.

Selamat berolahraga, ya! 

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply