Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Olahraga 150 Menit Seminggu Bantu Turunkan Depresi

Foto Ilustrasi

Topcareer.id – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan bahwa orang dewasa yang sehat berusia antara 18-64 tahun sebaiknya menyelesaikan 150 menit olahraga intensitas sedang per minggu.

Sebuah studi bersama antara University of South Australia dan Medical School Hamburg mempelajari 682 atlet Jerman untuk mengukur tingkat kecemasan dan depresi mereka terkait dengan olahraga.

Menurut University of South Australia, studi ini menilai para atlet ini “dalam kondisi olahraga yang berbeda (jumlah dan intensitas), pengaturan (indoor vs outdoor) dan konteks (olahraga individu atau tim).”

Mereka yang berpartisipasi dalam 150 menit olahraga yang direkomendasikan per minggu ditemukan mengalami kesehatan mental yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

Baca juga: Di Rumah Saja? Jenis Olahraga Ini Baik untuk Kekuatan Otak

Sedangkan individu yang berolahraga kurang dari total 2,5 jam dalam seminggu memiliki peningkatan risiko kecemasan dan depresi.

“Memahami faktor-faktor yang dapat mempengaruhi atau mengurangi depresi dan kecemasan adalah penting. Tetapi sampai sekarang tidak ada bukti yang cukup tentang jenis optimal atau jumlah kegiatan yang diperlukan untuk kesehatan mental yang positif,” kata Katja Siefken, salah satu penulis studi yang berbasis di Adelaide.

Kurang olahraga, rentan depresi

Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa orang yang tidak memenuhi rekomendasi aktivitas fisik, melaporkan skor depresi yang lebih tinggi, terlepas dari apakah mereka berlatih di dalam atau di luar ruangan, secara individu, atau dalam tim.

Ditemukan juga bahwa skor depresi dan kecemasan terendah sebagian besar terjadi di antara atlet tim dalam ruangan, tetapi atlet yang melakukan latihan fisik intensitas tinggi sering mencatat tingkat depresi yang lebih tinggi.

Baca juga: Haruskah Tetap Pakai Masker Saat Olahraga Lari? Ini Kata Ahli

Ada bukti lain yang baik bahwa olahraga di luar ruangan berkontribusi pada peningkatan kesehatan mental dan melakukan olahraga bersama atau tim dapat berdampak positif bagi kesehatan mental kita secara substansial.

Menyelesaikan 150 menit olahraga per minggu sebetulnya mudah dicapai, olahraga ini hanya mebutuhkan 21 menit per harinya, jadi tidak perlu bersusah payah pergi ke gym.

Ingatlah bahwa olahraga itu personal, jadi tidak masalah jika kamu suka berolahraga di dalam atau di luar ruangan, itu sepenuhnya terserah kamu. Olahraga yang cukup setiap hari telah terbukti untuk menjaga kesehatan fisik dan mental yang optimal. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply