Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sabtu, April 17, 2021
redaksi@topcareer.id
Tren

Alasan Industri Game Lebih Untung daripada Industri Musik dan Film

Dok. The Circular

Topcareer.id – Sektor permainan video game sejak 8 tahun terakhir hingga kini telah menggapai keuntungan yang lebih besar daripada industri musik dan film jika digabungkan.

Pendapatan video game mencapai puncaknya sejak akhir 2018 lalu dengan meraup keuntungan sekitar USD 43,8 miliar, naik rata-rata 18 persen dari tahun-tahun sebelumnya. Ini melampaui total box office global yang diproyeksikan untuk industri film, menurut data yang dirilis oleh Entertainment Software Association dan The NPD Group.

Penghitungan USD 43,8 miliar juga melampaui angka untuk layanan streaming film yang diperkirakan hanya menghasilkan sekitar USD 28,8 miliar per tahun, menurut sebuah laporan di Multichannel News.

Permainan video games telah menjadi sumber hiburan baru untuk satu generasi dan itu adalah sesuatu yang memiliki kekuatan media baru seperti yang dikhawatirkan oleh CEO Netflix Reed Hastings. Dalam surat pemegang saham perusahaan, Netflix mengatakan bahwa game seperti Fortnite dan PUBG lebih merupakan ancaman besar bagi bisnisnya daripada HBO dan channel sejenisnya.

Baca juga: Bisnis Hollywood Mulai Terpukul Akibat COVID-19

Netflix mengakui bersaing dengan industri games dalam kategori hiburan dan kalah telak dari game Fortnite daripada HBO. Keuntungan datang dari seluruh spektrum industri game. Konsol dan komputasi personal, permainan mobile, semuanya melihat pertumbuhan yang amat signifikan, menurut Mat Piscatella, seorang analis industri video game untuk The NPD Group.

Game sekarang benar-benar pasar massal dan bagian yang sangat penting dari sektor hiburan. Pertumbuhan telah dipicu oleh dominasi konten gratis dan monetisasi dalam game, yang memperluas adopsi game tetapi juga menghilangkan batasan pengeluaran untuk para gamer yang benar-benar terlibat dalam pengalaman sebagai user.

Fleksibilitas konten interaktif game dapat dimonetisasi dengan cara ini, yang merupakan keunggulan dibandingkan bentuk hiburan lainnya. Hampir seluruh game yang diterbitkan akan membuat setting khusus di mana penggunanya harus mengeluarkan uang untuk membayar sebuah item penting agar bisa mencapai kemenangan dalam bermain game.

Baca juga: Syuting Virtual Bakal Warnai Industri Hollywood Pasca-Covid-19

Hingga kini game termasuk salah satu industri yang terus menigkat dan meraih keuntungan di tengah masa krisis akibat pandemi virus corona. Lockdown yang telah dilakukan selama sekitar tiga bulan terakhir telah banyak membuat orang tertarik pada video games untuk menghibur selama hanya berada di rumah. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan